Home » Info Baru » Macam – Macam Tang

Macam – Macam Tang

macam+macam+tang
Macam – Macam Tang 

Macam – Macam Tang – Pasti kita sudah tidak asing lagi dengan alat perkakas yang bernama tang. Tang ini memiliki bermacam-macam jenis dengan fungsi yang berbeda-beda. Dan diantara fungsi tang yang sering dijumpai yaitu untuk menjepit, memotong, membuat lekukan, dan memutar benda.

Alat ini berbentuk seperti huruf X tersebut, memiliki gagang yang terbungkus karet agar tidak licin saat digunakan. Dan pada jenis tang tertentu, biasanya terdapat pegas di anatara kedua pegangannya yang berfungsi untuk membuka rahang ketika gagangnya ditekan.

Dengan melihat variasi, bentuk dan fungsi tang yang beragam tersebut, alat penjepit tersebut terbagi menjadi beberapa jenis. Dan dari jenis-jenis tersebut, tang mempunyai nama-nama tersendiri sesuai dengan tugasnya masing-masing. Dan berikut ini merupakan pejelasan dari macam-macam tang dan fungsinya beserta contoh gambarnya.

Macam – Macam Tang Dan Fungsinya

1. Tang Kombinasi (Combination Plier)

macam+macam+tang
Macam – Macam Tang 

Tang kombinasi merupakan jenis tang yang memiliki banyak fungsi. Bentuknya rahangnya yang bervarias, menjadikan fungsi tang kombinasi dapat digunakan bermacam-macam pekerjaan. Seperti menjepit benda, membengkokan kawat, dan memotong kabel.

Pada bagian ujung yang rata, biasanya digunakan untuk membengkokan atau meluruskan kawat dan memegang benda. Pada cekungan bagian tengahnya bertugas untuk menjepit benda bulat. Sedangkan pada bagian paling belakang berfungsi untuk memotong kawat dan kabel.

2. Tang Potong (Cutting Plier)

macam+macam+tang
Macam – Macam Tang 

Tang potong adalah jenis tang yang memiliki kegunaan khusus untuk memotong atau membelah. Tang jenis ini memiliki rahang yang tajam dan berbentuk melengkung dan mengecil di ujungnya.

Fungsi tang potong biasanya digunakan untuk meotong kawat, kabel, pipa berukuran kecil. Selain itu, sering juga dipakai untuk menggunting plat yang berukuran tipis. Cara penggunaan tang potong ini hampir mirip seperti gunting.

3. Tang Potong Kabel (Crimping Plier)

macam+macam+tang
Macam – Macam Tang 

Tang Potong kabel merupakan jenis tang yang khusus digunakan untuk memotong dan mengupas kabel. Bentuk rahang tang ini memiliki beberapa lubang dengan diameer yang berbeda-beda. Dan Setiap lubang tersebut digunakan untuk memotong dan mengupas kulit kabel dengan menyesuaikan ukuran besar kecil kabelnya.

4. Tang Lancip atau Tang Cucut (Long Nose Plier)

macam+macam+tang
Macam – Macam Tang 

Bentuk tang lancip ini memiliki rahang yang panjang dan mengecil pada ujungnya. Sehingga mirip bentuk ikan cucut. Oleh sebab itulah tang ini sering disebut dengan tang cucut.

Fungsi tang lancip adalah untuk menjepit benda-benda berukuran kecil yang tempatnya sempit dan sulit dijangkau oleh tangan. Selain itu, tang lancip ini biasanya digunakan untuk membengkokan kawat yang berukuran kecil.

5. Tang Snap ring (Circlip Plier)

macam+macam+tang
Macam – Macam Tang 

Tang snap ring adalah jenis tang yang digunakan untuk menjepit circlip ketika akan dilepas atau di pasang. Circlip itu sendiri adalah ring yang memiliki lingkaran tidak penuh dan terdapat lubang pada kedua ujungnya. Sanp ring ini biasanya digunakan untuk mengunci benda agar tidak berubah posisi dari tempatnya.

Tang snap ring ini terdiri dari dua jenis, yaitu tang snap ring dalam dan tang snap ring luar. Tang snap ring dalam merupakan jenis tang yang gagangnya ditekan, maka rahangnya akan menguncup. Sedangkan tang snap ring luar, jika gagangnya ditekan maka rahangnya akan terbuka. Sedangkan ujung rahang pada tang snap ring ini ada yang lurus dan ada yang bengkok.

6. Tang Buaya (Locking Plier/Vice Grip)

macam+macam+tang
Macam – Macam Tang 

Tang buaya atau sering dikenal dengan tang grip, merupakan jenis tang yang memiliki baut pengunci rahang. Oleh sebab itu, tang ini memiliki jepitan yang kuat dalam mencengkeram benda.

Fungsi tang buaya adalah untuk menjepit dan memutar baut atau mur yang susah dibuka. Selain itu, tang ini juga digunakan untuk memegang benda yang memerlukan jepitan yang kuat. Misalnya pada saat menggerinda benda, membuat lubang dengan mesin bor, atau menahan dua benda yang akan di las.

7. Tang Rivet (Rivet Plier)

macam+macam+tang
Macam – Macam Tang 

Tang rivet merupakan jenis tang khusus yang digunakan untuk menancapkan paku rivet (paku keling) pada benda yang dinginkan. Paku rivet tersebut biasanya dipakai untuk menyatukan dua benda yang bersifat permanen.

Untuk menggunakannya, kita harus memasukan paku rivet tersebut pada ujung tang sebelum menacapkannya pada obyek yang diinginkan. Dan setelah paku terpasang, kita harus menekan tang tersebut hingga paku rivet tertinggal dan terpotong.

8. Tang Catut atau Tang Kakak Tua (End Cutting Plier)

macam+macam+tang
Macam – Macam Tang 

Tang catut atau sering dinamai dengan tang kakak tua adalah jenis tang yang bentuknya mirip paruh burung kakak tua. Fungsi tang catut ini yaitu untuk mencabut paku dan memotong kawat kecil. Tang ini biasanya digunakan oleh pekerja bangunan ketika merangkai cakar ayam dan besi kolong.

9. Tang Ampere (Clam Meter)

macam+macam+tang
Macam – Macam Tang 

Tang ampere adalah jenis tang yang sering di pakai pada bidang kelistrikan. Fungsi tang ampere ini yaitu untuk menjepit komponen elektrik untuk mengetahui arus listrik yang mengalir pada komponen tersebut tanpa harus mematikan arus listriknya.

10. Tang Air (Water Pump Plier)

macam+macam+tang
Macam – Macam Tang 

Tang air memiliki pengungkit dan rahang yang bentuknya mirip paruh burung. Tang ini memiliki pin yang berfungsi untuk menggeser rahangnya. Dengan adanya pin tersebut, maka mulut rahangnya dapat di setel sesuai diameter benda yang dicengkeramnya.

Fungsi tang burung ini yaitu untuk mencengkeram benda bulat. Seperti pada saat akan melepas atau memasang pipa, maka untuk menjepit pipa tersebut digunakan tang burung. Karena tang ini biasa digunakan pada pekerjaan pemipaan, maka tang burung ini juga sering disebut dengan tang pipa.

11. Tang Geser (Slip Joint Plier)

macam+macam+tang
Macam – Macam Tang 

Tang geser adalah jenis tang yang memiliki pin yang letaknya dapat digeser. Dengan mengubah posisi pin tersebut, maka tang ini dapat membuka rahangnya lebih lebar atau lebih kecil.

Fungsi tang geser ini yaitu untuk memegang atau menjepit benda. Namun, sering digunakan untuk membuka dan memasang baut atau mur yang memiliki kekencangan yang rendah ketika tidak menemukan kunci ring atau kunci pas.

12. Tang Krone

macam+macam+tang
Macam – Macam Tang 

Tang krone adalah tang khusu yang digunakan pada instalasi listrik arus rendah. Misalnya pada pemasangan kabel LAN pada komputer dan juga sambungan kabel telephone rumah.

13. Tang Hidrolik

macam+macam+tang
Macam – Macam Tang 

Tang hidrolik ini juga sering digunakan pada bidang kelistrikan. Fungsi tang hidrolik ini yaitu untuk memasang skun berukuran besar yang biasa digunakan pada penyambungan kabel-kabel penerangan jalan raya.

!4. Tang Pres

macam+macam+tang
Macam – Macam Tang 

Tang pres merupakan jenis tang yang digunakan untuk menyambung kabel berukuran kecil dan sedang. Fungsi tang pres iin yaitu untuk mengepres atau menguncupkan skun yang berukuran kecil. Dan cara penggunaannya pun dengan menekan dengan tangan. Berbeda dengan tang hidrolik yang menggunakan sistem pompa dalam pemakaiannya.

Itulah macam-macam tang dan fungsiunya. Silahkan share jika bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top