Home » Tip & Trik » Tips Memilih Genset Untuk Rumah

Tips Memilih Genset Untuk Rumah Tangga

tips+memilih+genset+untuk+rumah
Mesin Genset Untuk Rumah Tangga

Tips Memilih Genset Untuk Rumah – Ketika akan membeli mesin genset, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Apalagi mesin genset tersebut akan dipakai dirumah. Tentunya harus benar-benar memilih produk yang berkualitas agar awet dan tidak mudah rusak.

Ada banyak sekali merk dan jenis mesin genset yang diperdagangkan. Dan setiap produk pasti memiliki keunggulan masing-masing. Oleh sebab itu, dalam menentukan mesin genset yang akan dibeli mesti tepat. Supaya tidak terjadi kesalahan dalam memilih mesin genset untuk keperluan rumah.

Berbicara tentang memilih mesin genset yang bagus. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat dijadikan tolak ukur dalam memilih mesin genset untuk rumah tangga sebelum membelinya.

Tips Memilih Genset Untuk Rumah

1. Tetukan Kapasitas Listrik Rumah

Sebelum membeli mesin genset, sebaiknya hitung dulu seluruh daya listrik yang ada di rumah. Jangan sampai memilih mesin genset yang kapasitas listriknya dibawah daya listrik digunakan. Misalnya daya listrik rumah 1300 watt, maka sebaiknya pilihlah genset yang berkapasitas diatasnya.

Baca Juga :  Cara Membongkar Mesin Gerinda Tangan

2. Pilih Merk Produk Yang Rekomended

Memang,  harga mesin genset produk China lebih murah di banding merk ternama seperti Honda atau Yamaha. Namun, sangat direkomendasikan untuk memilih merk genset dari produsen yang sudah diakui dunia. Sehingga sudah pasti terjamin kualitasnya.

3. Tanyakan Ketersediaan Spare Part

Tips memilih genset untuk rumah selanjutnya adalah menanyakan ketersediaan spare part genset. Meskipun telah memutuskan membeli genset dengan harga yang murah, kita perlu menanyakan ketersediaan suku cadangnya. Hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga jika suatu saat genset mengalami kerusakan dan harus mengganti spare part-nya.

4. Ada Garansi Resmi Pabrik

Jaminan garansi sangat penting pada pembelian barang apa pun. Oleh karena itu, tanyakanlah kepada toko penjual apakah ada garansi atau tidak pada saat membeli mesin genset. Hal ini bertujuan agar jika mesin genset yang baru dipakai sesaat telah mengalami kerusakan, kita akan mendapatkan perbaikan melalui garansi tersebut.

5. Perhatikan Bahan Bakar Yang Digunakan

Dalam memilih mesin genset, kita juga harus memperhatikan bahan bakarnya. Bahan bakar mesin genset ada dua macam, yaitu bensin dan solar. Oleh sebab itu, pilihlah genset yang menurut kita paling mudah menemukan bahan bakarnya.

Baca Juga :  Cara Mengecat Tembok Rumah Sendiri

6. Pilihlah Genset Yang Operasionalnya Mudah

Mesin genset memiliki banyak variasi model dan jenisnya. Dalam memilih genset untuk rumah, sebaiknya yang cara penggunaannya mudah. Agar seluruh anggoa keluarga dapat mengoperasikan genset tersebut tanpa harus tertuju pada satu orang saja.

Itulah beberapa tips yang dapat diterapkan dalam memilih mesin genset untuk digunakan di rumah. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top