Home » Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu

Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu

cara+menyambung+kabel+pompa+air+shimizu
Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu

Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu – Dalam pemasangan mesin pompa air, hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana cara menyambung kabel pompa air tersebut. Agar tidak terjadi kesalahan yang mengakibatkan mesin pompa air tidak menyala. Perlu diketahui, bahwa dalam pembelian mesin pompa air baru, biasanya ada merk mesin pompa air tertentu yang belum terpasang kabelnya. Jadi, kita harus benar-benar paham untuk menyambungkan kabel pompa air tersebut ke sumber listrik.

Salah satu contoh mesin pompa air baru yang belum terpasang kabel colokannya yaitu pompa air shimizu. Dan itu memang bawaan dari pabriknya. Oleh sebab itu, sebelum menggunakan pompa air shimizu tersebut, kita harus menyambungkan dengan kabel colokan terlebih dahulu dan menghubungkannya ke stop kontak.

Memang, urusan menyambung kabel bukan masalah yang sulit. Namun, bagi yang tidak tahu pasti akan kebingungan. Tentu saja begitu, kabel pada mesin pompa air shimizu kan ada 3 jalur, yaitu warna biru, coklat, dan kuning strip hijau. Sedangkan kabel colokan hanya memiliki 2 jalur. Lalu, kabel warna apa saja yang disambungkan?

Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu

Bagi yang sedang memasang mesin pompa air merk shimizu dan akan menyambung kabelnya, mungkin artikel ini bisa jadi jawaban pertanyaan tersebut. Karena, cara menyambung kabel pompa air shimizu sangat mudah. Alat yang perlu disediakan yaitu kabel yang sudah ada stekernya (colokan), pemotong kabel, dam isolatip.

Perlu diketahui, dalam dunia kelistrikan, kabel warna kuning strip hijau adalah ground. Kabel ground tersebut fungsinya yaitu sebagai penetral arus ketika terjadi hubungan arus pendek (korsleting).

Jadi, untuk menyambung kabel pada mesin pompa air shimizu yaitu kabel warna coklat dan biru. Dan bebas dalam penyambungannya. Karena aliran listrik pada dinamo mesin pompa air shimizu adalah arus AC (bolak-balik). Dan untuk melakukannya yaitu kupas ujung masing-masing kabel yang akan disambung. Kemudian, sambungkan kedua ujung kabel mesin pompa air (kabel coklat dan biru) ke kedua ujung kabel colokan dengan cara dililitkan. Setelah itu, bungkus kabel dengan isolatip. Selesai.

Lalu bagaimana dengan kabel kuning strip hijau (ground)? Untuk kabel ground, bisa diabaikan saja, dan bungkus ujungnya dengan isolatip. Atau, silahkan juga ditanam di dasar (lantai/tanah). Karena fungsinya hanya sebagai penetral arus listrik ketika terjadi hubungan singkat arus listrik pada mesin pompa air tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai cara menyambung kabel pompa air shimizu. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top