Home » Tip & Trik » Cara Menyetel Klep Mesin Penggerak GX 160 Yang Benar

Cara Menyetel Klep Mesin Penggerak GX 160 Yang Benar

cara+menyetel+klep
Cara Menyetel Klep Mesin GX 160

Cara Menyetel Klep Mesin GX 160 – Pada kesempatan kali ini, akan mejelaskan tentang bagaimana cara menyetel klep pada mesin honda GX 160. Namun, sebelum menjelaskan lebih lanjut, sebaiknya kenali dulu bagian-bagian mesin GX 160, agar lebih mudah menerapkan ketika melakukan penyetelan klep.

Klep (valve) merupakan bagian dari sebuah mesin yang berfungsi untuk mengatur jalannya proses pembakaran. Langkah pembakaran yang terus menerus akan menyebabkan klep menjadi renggang. Sehingga, perlu dilakukan penyetelan klep secara berkala agar performa mesin tetap terjaga.

Mesin penggerak bensin honda GX 160 memang kerap digunakan dalam kebutuhan sehari-hari. Tentu saja hal itu akan mengakibatkan langkah klep pada mesin honda GX 160 semakin menjauh (renggang) dari rocker arm. Sehingga tenaga mesin menjadi lemah dan mesin berbunyi ngitik.

Jika mengalami masalah seperti itu, perlu melakukan penyetelan klep agar mesin menjadi normal kembali. Namun, ketika menyetel klep harus dilakukan dengan cara yang benar. Agar tidak muncul permasalahan lainnya, seperti mesin GX 160 susah hidup atau bahkan tidak mau hidup.Berikut ini merupakan panduan cara menyetel klep pada mesin honda GX 160. Silahkan disimak agar tidak terjadi kesalahan ketika melakukan penyetelan klep.

Cara Menyetel Klep Mesin GX 160 Yang Benar

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka tutup head atau bonet yang berada paling ujung pada bagian silinder head. Yaitu dengan melepas empat buah baut yang melekat pada tutup head tersebut. Maka akan terlihat sepasang rocker arm atau yang sering disebut dengan kupu-kupu penyetel klep.
  • Kemudian putarlah roda magnet sampai putaran mesin berada pada titik nol. Titik nol pada mesin GX 160 ini dapat dilihat dari posisi magnet tepat berada di depan CDI atau posisi piston berada di atas dan rocker arm atau kupu-kupu dalam posisi bebas bergerak. Langkah ini adalah yang paling penting dalam sebuah penyetelan klep. Karena pada posisi titik nol inilah sebuah mesin melakukan pembakaran.
  • Setelah itu, gunakanlah kunci pas atau kunci ring 10 dan 14 ( pada umumnya ) untuk mengendurkan mur penyetel klep tersebut yang menempel pada rocker arm atau kupu – kupu. Setelah mur penyetel di kendurkan, aturlah jarak ujung klep dengan rocker arm menggunakan feeler gauge atau plat penyetel dengan kerenggangan antara 0.10 mm sampai 0.20 mm.
  • Setelah jarak diatur dengan tepat, kencangkanlah kembali mur penyetel tersebut. Setelah itu, periksalah hasil penyetelan klep dengan cara memutar roda magnet ke posisi titik nol dan pastikan rocker arm berada dalam posisi bebas bergerak. Setelah itu pasang kembali tutup head atau bonet seperti semula.

Begitulah cara menyetelklep mesin GX 160. Sangat mudah dan sederhana bukan? Semoga penjelasan di atas tentang cara penyetelan klep pada mesin GX 160 bermanfaat dan menambah sedikit wawasan dalam dunia permesinan.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top