Tip & Trik Cara Mencari Posisi Top Mesin GX 160

Cara Mencari Posisi Top Mesin GX 160

cara mencari posisi top mesin gx 160
Cara Mencari Posisi Top Mesin GX 160
Cara Mencari Posisi Top Mesin GX 160 – Mencari posisi top mesin GX 160 biasanya dilakukan pada saat melakukan perbaikan atau servis mesin. Posisi top mesin ini merupakan langkah di mana sebuah mesin melakukan proses usaha (pembakaran).

Ketika mesin berada di posisi top, kita dapat melakukan banyak hal ketika membongkar mesin GX 160. Seperti penyetelan klep, pemasangan knoken as, dan mengetahui seberapa besar tekanan kompresi.
Selain itu, posisi top mesin GX 160 ini juga dapat dijadikan sebagai titik acuan ketika mengecek sistem pengapian. Kita dapat melihat percikan nyala busi ketika putaran mesin berada di posisi top. 
Lalu, bagaimana cara mencari posisi top mesin GX 160 ? Simak uraian berikut ini sampai selesai jika ingin mengetahui caranya. Namun, pastikan kita telah memahami komponen mesin GX 160. Jika belum tahu, silahkan baca dahulu mengenai bagian-bagian mesin GX 160.

Cara Mencari Posisi Top Mesin GX 160


Untuk mengetahui posisi top pada mesin penggerak bensin GX 160, kita dapat melihat dari beberapa komponen yang menandai bahwa mesin GX 160 tersebut berada di posisi top. Dan komponen-komponen tersebut yaitu :
1. Piston Berada Di Atas

Untuk melihat keberadaan posisi piston pada mesin GX 160, lepaslah busi dengan menggunakan kunci busi. Kemudian putarlah mesin secara perlahan-lahan. Dengan begitu, kita dapat melihat posisi piston mesin GX 160 melalui lubang busi tersebut. 
Posisi top mesin GX dapat di tandai dari posisi piston berada di atas (TMA). Namun, perlu diketahui bahwa titik top pada mesin GX 160 memiliki rasio 2:1. Artinya, jika kita putar mesin dan piston berada di atas, maka posisi piston diatas yang pertama adalah posisi top mesin, dan posisi piston di atas yang kedua bukanlah posisi top mesin GX 160. Dan begitu seterusnya.
2. CDI Tepat Menghadap Magnet Roda Gila

CDI pada mesin GX 160 terletak di dalam fan cover. Untuk melihatnya, lepaskan fan cover tersebut yang berada di sisi mesin. Untuk mengetahui posisi top mesin, kita dapat memutar roda gila dengan tangan secara perlahan sampai magnetnya tepat berhadapan dengan ujung CDI.
3. Klep Berada Di Posisi Bebas

Cara mengetahui top mesin GX 160 selanjutnya yaitu dengan melihat posisi klep. Untuk melihat klep mesin GX 160, lepaskan cover OHV pada bagian head. Untuk mencari posisi top mesin GX 160, putarlah mesin secara perlahan sampai menemukan posisi kedua rocker arm (penyetel klep) sejajar dan berada di jarak main bebas.
Kesimpulan : Untuk mencari posisi top pada mesin GX dapat dilakukan dengan cara melihat posisi piston berada di atas (TMA), magnet roda gila tepat berhadapan dengan ujung CDI, dan rocker arm (penyetel klep) berada di jarak main bebas.
Begitulah cara mencari posisi top mesin GX 160. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.
Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *