Tip & Trik Cara Menyambung Genset Ke Listrik Rumah

Cara Menyambung Genset Ke Listrik Rumah

cara menyambung genset ke listrik rumah
Cara Menyambung Genset Ke Listrik Rumah
Cara Menyambung Genset Ke Listrik Rumah – Kegunaan genset yang begitu penting dalam kebutuhan energi listrik cadangan, membuat banyak orang yang menggunakannya di rumah. Selain praktis dalam pemakaiannya, cara menghubungkan genset ke listrik rumah juga sangat mudah. Namun, bagi Anda yang belum tahu cara instalasi genset ke listrik PLN, silahkan ikuti panduan berikut mengenai cara memasang genset ke listrik rumah.

Untuk instalasi genset ke listrik rumah, ada dua cara yang dapat diterapkan. Yang pertama yaitu dengan menggunakan handle ohm saklar (cam stater). Handle ohm saklar tersebut ada dua jenis, yaitu cam stater manual dan cam stater otomatis (ATS/Automatic Transfer Swirch). Sedangkan cara yang kedua adalah dengan langsung menghubungkan genset ke stop kontak rumah tanpa menggunakan perantara handle saklar listrik.

Cara Menyambung Genset Ke Listrik Rumah

1. Cara Menyambung Genset Ke Listrik Rumah Menggunakan Handle

Untuk memasang handle genset ke listrik rumah, terlebih dahulu perlu menentukan jenis handle saklar yang akan digunakan. Jenis handle saklar tersebut ada dua pilihan, yaitu manual dan otomatis.
Untuk instalasi handle saklar manual, bisa melihat gambar berikut ini :

cara menyambung genset ke listrik rumah
Cara Menyambung Genset Ke Listrik Rumah

Perlu diketahui, dari kedua jenis handle saklar tersebut memiliki perbedaan masing-masing. Untuk jenis handle saklar manual, cara mengoperasikannya masih menggunakan bantuan tangan. Sehingga, jika akan menggunakan gensetnya, harus memindahkan panel ke jalur PLN dahulu.

Jika terjadi pemadaman listrik, mematikan MCB yang ada pada meteran listrik rumah. Kemudian pindahkan panel ke jalur genset dan barulah genset dinyalakan. Dan ketika pemadaman listrik berakhir, matikan genset terlebih daluhu, kemudian hidupkan kembali MCB nya.

Sedangkan untuk instalasi handle saklar otomatis, bisa melihat gambar di bawah ini :

cara menyambung genset ke listrik rumah
Cara Menyambung Genset Ke Listrik Rumah

Untuk jenis gandle otomatis, hanya untuk genset yang menggunakan aki sebagai staternya dan kita tidak perlu repot untuk memindahkan panelnya, karena saklar akan bekerja secara otomatis.

Jika terjadi pemadaman listrik, panel akan pindah ke jalur genset. Dan jika pemadaman listrik berakhir, panel akan pindah ke jalur PLN. Dan untuk setting gensetnya juga harus menambahkan relay sebagai kontaktor agar genset dapat hidup secara otomatis.

2. Cara Menyambung Genset Ke Listrik Rumah Langsung Tanpa Handle

Menyambung genset ke listrik rumah juga dapat secara langsung tanpa harus menggunakan handle saklar. Namun, seluruh pengoperasiaanya menggunakan manual. dan yang dibutuhkan adalah kabel yang memiliki dua steker pada kedua ujungnya.

cara menyambung genset ke listrik rumah
Cara Menyambung Genset Ke Listrik Rumah

Untuk cara instalasinya yaitu dengan menancapakan steker pada stop kontak rumah dan colokan genset. Jika terjadi mati lampu, matikan MCB meteran listrik. Kemudian tancapkan kabel pada stop kontak rumah dan stop kontek genset. Setelah itu, hidupkan genset dan pindah switch breaker genset ke posisi on.

Jika lampu telah nyala kembali, pindahkan switch breaker ke posisi off terlebih dahulu. Kemudian matikan mesin genset dan ambil kabel stekernya dari masing-masing stop kontak genset dan stop kontak rumah. Kemudian, barulah menghidupkan MCB listrik PLN.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menyambung genset ke listrik rumah. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *