Home » Tip & Trik » Cara Mengatasi Mesin Diesel Masuk Angin

Cara Mengatasi Mesin Diesel Masuk Angin

cara mengatasi mesin diesel masuk angin
Mesin Diesel Masuk Angin

Cara Mengatasi Mesin Diesel Masuk Angin – Postingan kali ini akan membahas tentang mesin diesel masuk angin. Apa saja akibat yang terjadi jika mesin diesel mengalami masuk angin dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut agar udara dapat terbuang dari aliran bahan bakar mesin diesel.

Apa itu mesin diesel masuk angin? Mesin diesel masuk angin merupakan sebuah permasalahan yang sering terjadi pada mesin diesel. Yaitu adanya gelembung udara pada aliran bahan bakar yang menyebabkan aliran bahan bakar tidak lancar. Sehingga akan terjadi keterlambatan pada nozzle dalam mengkabutkan bahan bakar.

Penyebab mesin diesel mengalami masuk angin ini biasanya dikarenakan oleh tangki solar yang kehabisan bahan bakar. Kemudian kita mengisi kembali bahan bakar tersebut. Ketika mencoba menghidupkan mesin diesel kembali, mesin disel menjadi susah hidup. Gejala lain dari mesin diesel masuk angin yaitu mesin diesel berbunyi tersendat-sendat ketika dihidupkan. Dan lama kelamaan akan mati sendiri.

Mekanisme dari istilah mesin diesel masuk angin tersebut yaitu ketika bahan bakar habis, tangki akan kosong dan dipenuhi udara. Saat kita mengisi kembali bahan bakar, udara tersebut akan terbawa oleh aliran bahan bakar menuju pompa solar. Perlu diketahui, bahwa bahan bakar solar memiliki daya resap yang kurang cepat dibanding dengan bensin. Sehingga, di saat udara berada pada pompa solar, aliran bahan bakar akan terputus atau mengalami keterlambatan.

Untuk mengatasi mesin diesel masuk angin, caranya cukup mudah. Karena intinya hanya membuang udara yang terdapat pada aliran bahan bakar. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut ini tentang cara mudah mengatasi mesin diesel masuk angin.

Cara Mengatasi Mesin Diesel Masuk Angin

Memperbaiki mesin diesel masuk angin ini sebenarnya sangat mudah dan sederhana. Yaitu menghilangkan udara yang terdapat pada aliran bahan bakar tersebut dengan cara membuang udara tersebut dari saluran bahan bakar yang menuju pompa bahan bakar.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara mengendurkan baut joint atau baut yang menghubungkan antara selang bahan bakar dengan pompa bahan bakar. Jika baut joint sudah dikendorkan, maka secara otomatis bahan bakar akan mengalir keluar. kemudian perhatikanlah aliran bahan bakar yang keluar, jika alirannya sudah lancar, maka segeralah kencangkan kembali baut joint tersebut.

Jika sudah selesai, cobalah hidupkan mesin diesel kembali. Dan lihat hasilnya, maka mesin diesel akan hidup normal kembali. Namun jika bunyi mesin diesel masih terdengar tersendat-sendat atau brebet, maka lakukanlah langkah-langkah di atas sampai mesin diesel benar-benar dapat hidup normal kembali.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi mesin diesel masuk angin. Semoga bisa memberikan solusi jika mengalami hal tersebut. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top