Home » Tip & Trik » Cara Melepas Bearing Kepala Bor

Cara Melepas Bearing Kepala Bor

cara+melepas+bearing+kepala+bor
Cara Melepas Bearing Kepala Bor

Cara Melepas Bearing Kepala Bor – Bearing atau laher sangat mempengaruhi kinerja mesin dari mesin bor. Sehingga, performanya perlu diperhatikan dengan benar.

Jika bearing yang terdapat di kepala bor goyang, maka mata bor akan susah melakukan senter pada awal pengeboran. Selain itu, toleransi ukuran lubang yang dihasilkan juga pasti melenceng dari yang diinginkan.

Bearing kepala bor yang sudah kocak, juga menyebabkan penggunaan mesin bor menjadi cepat lelah. Karena getaran yang dihasilkan oleh mesin bor menjadi semakin besar.

Mesin bor yang bearing kepala bornya telah rusak, dapat ditandai dari chuck bor yang koclak jika digoyangkan dengan tangan. Oleh sebab itu, bearing tersebut harus diganti agar dapat normal kembali.

Namun, untuk melepas bearing kepala bor tersebut harus sesuai urutan yang benar agar tidak merusak bagian yang lainnya. Dan berikut merupakan langkah-langkah cara melepas bearing yang berada pada kepala bor.

Cara Melepas Bearing Kepala Bor

Sebelum melepas bearing pada kepala bor, sediakan peralatan seperti obeng, tang snap ring, tracker, dan alat penunjang lainnya. Dan cara melepas bearing kepala bor adalah sebagai berikut.

1. Buka cover mesin bor dengan melepas seluruh baut penguncinya menggunakan obeng.

2. Kemudian ambil bagian as kepala bor. Bagian ini dapat dipisahkan dari mesin bor.

3. Buka snap ring menggunakan tangbyang telah disediakan sebelumnya.

4. Lepaskan roda gigi dari as kepala bor. Jangan lupa ambil api (penyekatnya).

5. Lepaskan bearing menggunakan traker bearing.

6. Setelah bearing berhasil dilepas, pasanglah bearing yang baru sesuai ukurannya. Kemudian pasang dengan benar dan sesuai urutan bagian-bagian yang sebelumnya dilepas.

Demikianlah ulasan mengenai cara melepas bearing kepala bor. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top