Home » Mesin » Bagian – Bagian Mesin Kompresor Dan Fungsinya

Bagian – Bagian Mesin Kompresor Dan Fungsinya

bagian-bagian mesin kompresor dan fungsinya
Bagian – Bagian Mesin Kompresor Dan Fungsinya
Bagian – Bagian Mesin Kompresor Dan Fungsinya – Postingan kali ini akan membahas mengenai bagian-bagian mesin kompresor angin dan fungsinya. Secara umum, mesin kompresor terdiri dari dua bagian, yaitu mesin penggerak dan tabung kompresor.

Mesin kompresor merupakan mesin yang digunakan untuk menyimpan udara dalam kapasitas tertetnu. Tekanan udara pada mesin kompresor memiliki ukuran satuan bar atau kgf/cm2 atau psi. Angka-angka satuan tersebut dapat dilihat dari komponen mesin kompresor yang bernama pressure gauge (indikator tekanan).

Kegunaan mesin kompresor memang sangat membantu dalam urusan perkerjaan kita. Beberapa contoh fungsi mesin kompresor yaitu untuk mengisi angin roda kendaraan, pengecatan, pemompa hidrolik dan pekerjaan lainnya yang memerlukan tekanan udara.

Cara kerja mesin kompresor itu sendiri yaitu penghisapan udara yang dilakukan oleh bagian katup isap yang berada di dalam blower kompresor. Angin yang dihisap tersebut akan dialirkan ke tabung kompresor. Sedangkan untuk pemakaiannya, cukup dengan membuka kran angin untuk mengalirkan udara yang tersimpan di tabung kompresor.

Pada dasarnya, mesin kompresor angin memiliki bagian-bagian yang sederhana. Yaitu berupa komponen mesin penggerak dan komponen blower penghisap. Untuk lebih jelasnya, baca ulasan berikut mengenai bagian-bagian mesin kompresor angin dan fungsinya.

Bagian – Bagian Mesin Kompresor Dan Fungsinya


Pentingnya mengenal bagian-bagian mesin kompresor yaitu memudahkan kita dalam memperbaiki mesin kompresor ketika mengalami kerusakan, seperti mesin kompresor tidak mengisi angin. Sehingga dengan mengetahui komponen pada mesin kompresor, kita dapat dengan mudah mencari dimana permasalahannya terjadi dan segera memperbaikinya. Dan berikut adalah bagian-bagian yang terdapat pada mesin kompresor.

1. Mesin Penggerak Kompresor

Berdasarkan mesin penggeraknya, mesin kompresor ini dibedakan menjadi dua, yaitu mesin kompresor yang memiliki penggerak mesin bensin atau mesin diesel dan mesin kompresor yang digerakan oleh elektromotor (dinamo). Fungsi mesin penggerak tersebut yaitu untuk memutar blower kompresor.

2. Blower

Blower adalah bagian mesin kompresor yang berfungsi untuk menghisap udara dan mengalirkannya ke tabung kompresor. Jenis blower kompresor ini sangat beragam. Ada yang menyatu dengan mesin penggeraknya dan ada juga yang terpisah. Namun, pada dasarnya blower ini terdiri dari rangkaian dari silinder blok, piston, dan klep yang bekerjasama dalam proses penghisapan angin.

3. Tabung Angin

Tabung angin merupakan bagian utama dari mesin kompresor. Tabung angin inilah yang berfungsi untuk menampung tekanan udara dalam jumlah kapasitas yang telah ditentukan. Kapasitas tekanan udara pada tabung angin ini sangat dipengaruhi oleh besar kecilnya ukuran tabung angin tersebut. Dan kapasitas maksimal tekanan udara yang dapat disimpan pada tabung kompresor ini biasanya tertera (tertulis) pada dinding tabung angin tersebut.

4. Drain Valve

Drain valve atau saluran buang adalah bagian mesin kompresor yang berfungsi untuk membuang air yang tertampung di dalam tabung angin. Udara yang tersimpan di dalam tabung angin dalam kurun waktu tertentu akan menjadi lembab dan menghasilkan air. Oleh karena itu, untuk membuang air tersebut, gunakanlah drain valve yang biasanya terletak di bawah tabung kompresor.

5. Kran Angin

Untuk bagian yang satu ini pasti sudah jelas sekali fungsinya. Fungsi dari kran angin tersebut adalah untuk melepaskan tekanan angin yang tersimpan pada tabung angin. Dengan kran angin inilah kita dapat mengatur (membuka / menutup) kapan angin akan dikeluarkan dari tabung kompresor.

6. Otomatis Kompresor

Untuk bagian yang satu ini, hanya dimiliki oleh kompresor dengan mesin penggerak elektromotor (dinamo). Fungsi dari otomatis kompresor ini yaitu untuk memutuskan arus listrik pada elektromotor ketika tabung udara telah memenuhi kapasitasnya. Sehingga apabila tabung angin telah terisi penuh, secara otomatis elektromotornya pun akan berhenti.

7. Indikator Tekanan (Pressure Gauge)

Indikator tekanan angin pada mesin kompresor berfungsi untuk mengetahui berapa besar tekanan udara yang tersimpan di tabung kompresor. Indokator ini berupa jarum yang akan bergerak sesuai dengan tekanan angin yang tersimpan di dalam tabung kompresor.

8. Safety Valve

Bagian mesin kompresor selanjutnya yaitu safety valve. Safety valve pada mesin kompresor berfungsi sebagai pengaman. Safety valve ini akan berbunyi ketika tabung kompresor telah penuh terisi angin.

9. Check Valve (One Way)

Chek valve merupakan bagian mesin kompresor yang berfungsi untuk menutup jalur pengisian angin agar angin tidak keluar kembali setelah angin tersebut masuk di dalam tabung kompresor. Check valve ini bisanya terletak di antara pipa pengisian dan tabung kompresor.

Demikianlah ulasan mengenai bagian bagian mesin kompresor angin dan fungsinya. Semoga bisa menambah wawasan yang bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top