Info Baru Fungsi Obeng ( Plus Dan Min )

Fungsi Obeng ( Plus Dan Min )

fungsi+obeng
Fungsi Obeng ( Plus Dan Min )

Fungsi Obeng ( Plus Dan Min ) – Obeng yang dalam bahasa inggrisnya adalah screwdriver, merupakan alat yang sering digunakan untuk bongkar pasang perkakas elektronik atau mesin. Fungsi obeng adalah untuk membuka atau mengencangkan baut dan sekrup. Alat ini memiliki satuan set dan bentuk yang berbeda-beda.

Obeng memiliki bagian-bagian berupa gagang obeng dan mata obeng. Gagang obeng biasanya terbuat dari bahan-bahan yang lunak, seperti karet, plastik dan kayu. Hal itu berfungsi agar nyaman di tangan ketika digunakan. Sedangkan mata obeng inilah bagian yang memiliki fungsi utama, yaitu untuk melepas atau memasang sekrup dan baut.

Berdasarkan bentuk matanya, obeng memiliki bermacam-macam jenis. Seperti obeng plus, obeng min, obeng segitiga, obeng bintang, obeng hexagonal, dan lain sebagainya. Dan semua jenis obeng tersebut digunakan tergantung dari bentuk kepala baut yang akan dibuka atau dikencangkan. Dari banyaknya variasi jenis obeng, ada dua bentuk yang paling sering digunakan, yaitu obeng plus dan obeng min. Dan berikut ini merupakan penjelasan tentang fungsi obeng plus dan obeng min.

Fungsi Obeng Plus Dan Min

Obeng Plus (+)

fungsi+obeng
Obeng Plus (+)

Obeng plus adalah obeng yang memiliki ujung mata obeng berbentuk tambah (plus). Obeng ini juga sering disebut dengan obeng kembang karena bentuk ujungnya yang menyerupai bunga jika dilihat dari atas. Fungsi obeng plus adalah untuk membuka dan mengencangkan baut atau skrup yang memiliki kepala berbentuk plus.

Obeng Min (-)

fungsi+obeng
Obeng Min (-)

Obeng min adalah obeng yang memiliki ujung mata berbentuk pipih. Obeng ini digunakan untuk membuka dan memasang sekrup atau baut yang memiliki kepada berbentuk strip (min). Selain itu, obeng min ini juga sering digunakan untuk mencongkel benda yang susah dibuka.

Demikianlah pembahasan mengenai fungsi obeng (plus dan min). Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *