Home » Info Baru » Fungsi Obeng Plus Dan Min

Fungsi Obeng Plus Dan Min

fungsi+obeng+plus+dan+min
Fungsi Obeng Plus Dan Min

Fungsi Obeng (Plus Dan Min) – Obeng atau screwdriver, merupakan alat yang sering digunakan untuk bongkar pasang perkakas elektronik dan mesin. Jenis obeng yang sering digunakan yaitu jenis obeng plus dan min. Berikut akan dijelaskan fungsi dari obeng plus dan min.

Diantara jenis obeng yang sering digunakan yaitu obeng plus dan min. Obeng plus memiliki ujung mata obeng seperti tanda +, sedangkan oben min memiliki mata obeng berbentuk pipih (-). Secara umum, fungsi obeng adalah untuk membuka atau mengencangkan sekrup. Alat ini memiliki satuan set dengan bentuk yang berbeda-beda.

Obeng memiliki bagian-bagian berupa gagang obeng dan mata obeng. Gagang obeng biasanya terbuat dari bahan-bahan yang lunak, seperti karet, plastik dan kayu. Hal itu berfungsi agar nyaman di tangan ketika digunakan. Sedangkan mata obeng inilah bagian yang digunakan untuk melepas atau memasang sekrup.

Berdasarkan bentuk matanya, obeng memiliki bermacam-macam jenis. Seperti obeng plus, obeng min, obeng segitiga, obeng bintang, obeng hexagonal, dan lain-lain. Setiap jenis obeng tersebut digunakan tergantung dari bentuk kepala skrup yang akan dibuka atau dikencangkan. Dari banyaknya variasi jenis mata obeng, obeng plus dan min inilah yang paling sering digunakan.

Fungsi Obeng Plus Dan Min

Berikut merupakan penjelasan mengenai apa saja kegunaan dari obeng plus dan min yang perlu diketahui.

Baca Juga :  Perbedaan Spray Gun HVLP Dan LVLP

A. Fungsi Obeng Plus (+)

fungsi+obeng+plus
Fungsi Obeng Plus

Obeng plus adalah obeng yang memiliki ujung mata obeng berbentuk tambah (plus). Obeng ini juga sering disebut dengan obeng kembang karena bentuk ujungnya yang menyerupai bunga jika dilihat dari atas.

Fungsi obeng plus adalah untuk membuka dan mengencangkan skrup yang memiliki kepala berbentuk plus. Obeng ini hanya digunakan untuk sekrup berbentuk plus dan tidak diperkenankan untuk bentuk kepala sekrup lainnya.

B. Fungsi Obeng Min (-)

fungsi+obeng+min
Fungsi Obeng Min

Obeng min adalah obeng yang memiliki ujung mata berbentuk pipih. Obeng ini digunakan untuk membuka dan memasang sekrup atau baut yang memiliki kepada berbentuk strip (min).

Selain itu, obeng min ini juga sering digunakan untuk mencongkel benda yang susah dibuka. Misalnya peralatan-peralatan yang terbuat dari bahan lunak, sepertli plastik, plat, dan lain-lain.

Demikianlah pembahasan mengenai kegunaan dari obeng (plus dan min). Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top