Home » Info Baru » Fungsi Obeng Ketok Dan Penggunaanya

Fungsi Obeng Ketok Dan Penggunaanya

fungsi+obeng+ketok
Fungsi Obeng Ketok Dan Penggunaannya

Fungsi Obeng Ketok Dan Penggunaanya – Obeng ketok (impact driver) merupakan salah satu jenis obeng yang cara kerjanya akan berputar sendiri ketika dipukul atau diketok. Fungsi obeng ketok ini pada umumnya sama seperti obeng lainnya, yaitu untuk membuka dan memasang sekrup. Namun, kegunaan obeng ketok lebih ditekankan pada skrup yang memiliki moment kekencangan yang kuat yang tidak bisa dibuka dengan obeng biasa.

Struktur bagian obeng ketok terdiri dari gagang obeng dan kepala soket. Gagang obeng terbuat dari besi berbentuk tabung yang tahan terhadap ketukan. Dan di dalam gagang tersebut terdapat rangkaian mekanik yang apabila diketok akan menghasilkan putaran yang sangat kuat. Sehingga mampu menghentakan sekrup yang susah dibuka.

Sedangkan bagian kepala soket berfungsi untuk memasang obeng. Dimana mata obeng yang digunakan pada obeng ketok ini dapat diganti-ganti sesuai kebutuhan. Namun, pada umumnya yang sering digunakan adalah mata obeng plus (+) dan min (-) yang biasanya tersedia satu set dengan obeng ketok.

Dengan melihat fungsinya yang sangat penting, obeng ketok ini sering dipakai dibengkel-bengkel otomotif maupun bengkel alat berat. Biasanya digunakan untuk membuka baut blok mesin dan baut korter yang memiliki pengencangan yang kuat. Atau untuk melepas sekrup-sekrup yang kuat yang tidak mampu diputar dengan obeng biasa.

Cara Menggunakan Obeng Ketok

Cara menggunakan obeng ketok ini sangat mudah. Namun, kita harus selalu menyediakan palu untuk mengetuknya. Dan langkah-langkah penggunaan obeng ketok adalah sebagai beriktu :

1. Pilih mata obeng sesuai bentuk kepala baut atau sekrup.

2. Kemudian masukan mata obeng ke bagian soket obeng ketok.

3. Tempatkan ujung mata obeng pada baut yang akan dibuka atau dikencangkan. Dan pastikan tepat masuk dan tidak goyang.

4. Tekan gagang obeng ketok dan putar sesuai arah yang dikehendaki. Jika digunakan untuk melepas baaut atau sekrup, putarlah ke arah kiri terlebih dahulu. Begitu sebaliknya, jika akan digunakan untuk mengencangkan, putarlah gagang obeng ketok ke arah kanan.

5. Kemudian, ketoklah bagian belakang gagang obeng dengan kuat.

Demikianlah penjelasan mengenai fungsi obeng ketok dan cara menggunakannya. Silahkan share jika bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top