Home » Fungsi Kunci Ring

Fungsi Kunci Ring

fungsi+kunci+ring
Fungsi Kunci Ring

Fungsi Kunci Ring – Pada dasarnya, fungsi kunci ring yaitu sebagai alat untuk melepas dan mengencangkan baut atau mur. Tetapi, kunci ring ini mampu memberikan moment yang lebih besar. Hal tersebut dapat dilihat dari tangkainya yang lebih panjang dari kunci pas, sehingga memiliki daya tuas yang lebih kuat dalam mengendurkan baut atau mur.

Kontruksi kunci ring ini terbentuk dari lingkaran yang memiliki sudut hexagonal atau lebih, sangat memungkinkan digunakan pada tempat yang terbatas. Selain itu, kunci ini memiliki dinding yang tipis,sehingga dapat dipakai untuk menjangkau area sempit yang tidak dapat di jangkau oleh kunci pas.

Dengan rahang kunci berbentuk lingkaran penuh, maka menjadikan cengkeraman uang dihasilkan sangat kuat. Sehingga, akan semakin kecil terjadinya kerusakan pada baut atau mur yang dibuka. Dengan lengkungan yang ada pada tangkainya, sangat memudahkan membuka baut atau mur yang menjorok ke dalam.

Selain digunakan untuk membuka dan memasang baut atau mur, kunci ring ini juga berfungsi sebagai penahan ketika melepas baut atau mur yang berputar. Hal ini biasanya terjadi pada baut atau mur yang mengalami korosi karena jarang dibongkar. Dengan menahan bagian di belakangnya, maka baut atau mur yang keras akan mudah dilepas.

Bahan yang digunakan untuk membuat kunci ring ini sama dengan kunci pas, yaitu perpaduan logam baja dengan chrome vanadium. Sedangkan sudut kemiringan tangkai yang ada pada kunci pas ini terbagi menjadi tiga, yaitu 15⁰, 30⁰, dan 45⁰. Dan pemakaiannya tergantung dari tingkat cekungan dimana baut atau mur berada.

Ukuran satuan pada kunci ring adalah mm. Meskipun ada juga yang menggunakan satuan inchi. Dan biasanya ukuran kunci ring yang sering digunakan pada bengkel atau industri proyek yaitu mulai dari 8 mm sampai 32 mm.

Demikianlah pembahasan mengenai fungsi kunci ring. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top