Home » Cara Memperbaiki Bosch Pump Mesin Diesel

Cara Memperbaiki Bosch Pump Mesin Diesel

cara+memperbaiki+bosch+pump
Cara Memperbaiki Bosch Pump Mesin Diesel

Cara Memperbaiki Bosch Pump Mesin Diesel – Bosch pump adalah komponen pada mesin diesel yang berfungsi menekan bahan bakar dari tangki solar ke nozzle (injector). Sebagai salah satu komponen penting yang sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin, performanya harus benar-benar terjaga agar mesin dapat optimal. Namun, pada kenyataannya banyak pengguna mesin diesel yang mengabaikan perawatannya. Sehingga sering terjadi masalah yang mengakibatkan mesin diesel susah dihidupkan.

Diantara tanda-tanda mesin diesel yang mengalami masalah pada bosch pump yaitu hilangnya bunyi tekanan solar pada nozzle ketika mesin diesel diengkol. Selain itu, mesin juga susuh dihidupkan, dan apabila berhasil dihidupkan, maka akan terdengar suara yang tidak stabil. Hal tersebut disebabkan oleh fungsi kerja bosch pump yang sudak tidah efektif. Bisanya daya tekannya menjadi melemah karena kerusakan komponen di dalam bosch pump.

Dalam memperbaiki bosch pump, kita harus cermat dalam menganalisa penyebab masalahnya. Karena pada sebuah bosch pump terdapat beberapa komponen yang harus diteliti satu per satu untuk dapat menemukan titik permasalahannya. Untuk itu, pada artikel ini akan diuraikan mengenai kerusakan-kerusakan komponen pada bosch pump.

Cara Memperbaiki Bosch Pump Mesin Diesel

Berikut ini merupakan beberapa komponen pada bosch pump mesin diesel yang sering mengalami masalah beserta cara mengatasinya. Silahkan pahami agar jika suatu waktu mengalami masalah pada bosch pump, dapat segera memperbaikinya.

1. Tekanan Plunger Lemah

Plunger merupakan bagian yang bertugas sebagai penekan bahan bakar. Komponen ini terdiri dari shaft plunger dan barrel. Jika salah satu komponen tersebut aus, maka daya tekannya menjadi menurun dan tidak dapat memompa dengan maksimal.

Oleh sebab itu, ketika memperbaiki bosch pump, periksalah kondisi plunger apakah masih bagus atau tidak. Jika sudah tidak bagus, maka sebaiknya lakukanlah penggantian pada plunger tersebut.

2. Delivery Valve Aus

Di dalam bosch pump, terdapat komponen yang bernama delivery valve. Fungsinya yaitu menahan aliran balik bahan bakar yang sudah ditekan oleh plunger. Jika delivery valve ini aus, maka tidak dapat menutup rapat, dan akhirnya bahan bakar akan kembali ke plunger, sehingga proses penekanan bahan bakar pun tidak optimal.

Untuk itu, jika tekanan bosch pump mulai menurun, periksalah bagian delivery valve-nya. Jika mengalami kerusakan (aus), maka gantilah dengan yang baru agar aliran bahan bakar tidak kembali setelah ditekan.

3. Ring Delivery Rusak

Ring delivery juga memiliki peranan penting pada kinerja bosch pump. Ring delivery ini berupa ring tembaga yang bertugas sebagai penekan delivery valve agar posisinya tidak berubah ketika terjadi tekanan dalam proses pemompaan bahan bakar.

Jika ring delivery ini rusak atau aus, maka posisi delivery valve menjadi tidak stabil dan dapat bergeser ketika terjadi penekanan bahan bakar. Untuk itu, jika fungsi bosch pump mulai tidak stabil, periksalah ring delivery yang berada di dalam bosch pump. Dan jika mengalami kerusakan, gantilah dengan yang baru.

4. Control Rack Macet

Control rack pada bosch pump bertugas untuk menggeser control sleeve. Dimana control sleeve bertugas untuk mengatur kapasitas bahan bakar yang masuk ke dalam barrel. Jika control rack ini macet, maka bahan bakar tidak dapat masuk ke dalam plunger dan secara otomatis tidak ada bahan bakar yang terpompa di dalam bosch pump.

Dalam memperbaiki bosch pump pada mesin diesel, jangan lupa untuk mengecek kondisi control rack apakah berfungsi dengan benar atau tidak. Jika menjumpai dalam kondisi macet, berilah oli pelumas dan beri sedikit ketukan agar dapat bergerak bebas tanpa hambatan.

Demikianlah pembahasan mengenai cara memperbaiki bosch pump mesin diesel. Karena merupakan komponen yang sangat penting, lakukanlah pengecekan secara rutin kondisi bosch pump agar performa mesin selalu terjaga. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top