Home » Tip & Trik » Cara Mengecek Tekanan Solar Mesin Diesel

Cara Mengecek Tekanan Solar Mesin Diesel

cara+mengecek+tekanan+solar+mesin+diesel
Cara Mengecek Tekanan Solar Mesin Diesel

Cara Mengecek Tekanan Solar Mesin Diesel – Tekanan solar mesin diesel sangat mempengaruhi hidup dan tidaknya mesin diesel. Oleh karena itu, sebelum menghidupkan mesin diesel, cek tekanan solarnya hingga bunyi tekanannya terdengar. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara mengecek tekanan solar pada mesin diesel.

Tekanan solar mesin diesel yang bagus, dapat di ketahui dari bunyi pancaran nozzle yang terdengar keras ketika mesin diengkol dalam keadaan choke ditahan. Hal itu di dasari oleh pancaran solar yang mengeai pada piston dengan kuat.

Hal yang mempengaruhi bagus atau tidaknya tekanan solar pada mesin diesel adalah pompa solar (bosch pump) dan nozzle. Jika kedua komponen mesin diesel tersebut rusak, maka tekanan solar mesin diesel lemah yang mengakibatkan mesin diesel susah dihidupkan. Untuk itu, jika tekanan solar pada mesin diesel lemah atau hilang, periksalah kedua bagian tersebut.

Untuk mengecek tekanan solar pada mesin diesel, dibutuhkan kejelian dalam mengamati apakah bagian bosch pump atau nozzle yang bermasalah. Untuk lebih jelasnya, simak pembahsan berikut ini mengenai langkah-langkah mengecek tekanan solar pada mesin diesel.

Cara Mengecek Tekanan Solar Mesin Diesel

Tekanan solar yang bagus, dapat kita dengarkan pada saat mesin diesel yang hendak dihidupkan. Tekanan solar tersebut akan berbunyi keras dan beraturan di dalam silinder head pada saat mengengkol mesin diesel.

Baca Juga :  Cara Membersihkan Spraygun Yang Mampet

Cara lain yang dapat dilakukan untuk melakukan pengecekan tekanan solar pada mesin diesel yaitu dengan melihat langsung pancaran solar yang keluar. Caranya dengan melepas rumah nozzle dari silinder head dan meletakkannya di luar mesin diesel. Tekanan solar yang bagus akan terlihat dari pancaran yang kencang dan berkabut.

Kencang atau tidaknya pancaran nozzle tersebut dapat kita rasakan dengan meletakan permukaan tangan kita tepat di depan nozzle. Jika tekanan solar bagus, maka telapak tangan kita akan terasa sedikit sakit oleh pancaran solar tersebut.

Jika mendapati tekanan solar yang kurang bagus, langkah yang pertama yaitu menyetel baut setelan spindle nozzle yang berada di ujung rumah nozzle. Putarlah baut setelan tersebut dengan menggunakan obeng.

Jika tekanan solar kurang kencang maka putarlah ke kanan sampai tekanan solarnya menjadi kencang dan bagus. Namun jika tetap tidak menemui pancaran yang kencang, periksalah bagian spindle nozzle dan nozzle. Jika mendapati kerusakan pada kedua bagian tersebut, lakukan penggantian dengan yang baru.

Hal harus dilakukan jika tekanan solar kurang bagus yaitu  mengecek bosch pump. Untuk mengetahui bagus tidaknya tekanan bosch pump, dapat dilakukan dengan melepas pipa HPP yang menuju nozzle. Kemudian engkol mesin dan letakan jari tangan pada lubang bosch pump tersebut.

Bosch pump yang masih bagus akan terlihat dari solar yang memancar kuat dari lubang bosch pump tersebut. Lalu bagaimana jika tekanan bosch pump lemah?

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Bau Kulkas

Caranya yaitu dengan membongkarlah bosch pump. Perhatikan bagian plunger dan delivery valve.  Jika kedua bagian tersebut aus, maka tekanan solar akan lemah. Sehingga perlu diganti dengan yang baru. Selain itu, cek juga ring delivery. Apabila ring delivery aus, maka gantilah dengan yang baru.

Begitulah ulasann mengenai cara mengecek tekanan solar pada mesin diesel. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top