Servis Penyebab Mesin Diesel Macet

Penyebab Mesin Diesel Macet

penyebab mesin diesel macet
Penyebab Mesin Diesel Macet
Penyebab Mesin Diesel Macet – Menggunakan mesin diesel sebagai sumber penggerak memang memiliki kelebihan tersendiri. Selain tenaganya lebih kuat, bahan bakar juga lebih hemat, karena mesin diesel menggunakan bahan bakar solar yang harganya lebih murah dari pada bensin.

Di samping memiliki beberapa kelebihan yang diunggulkan, namun mesin diesel ini juga memiliki beberapa kelemahan. Diantaranya yaitu bunyi mesin yang keras dan memiliki bobot mesin yang lumayan berat. Selain itu, cara menghidupkan mesin diesel ini juga bisa dikatakan cukup sulit. Karena tidak semua orang dapat menghidupkan mesin diesel tersebut.

Perawatan yang rutin terhadap mesin diesel merupakan sebuah hal yang sangat disarankan. Karena mesin diesel ini dapat mengalami masalah sewaktu – waktu. Dan diantara masalah tersebut yaitu mesin macet tidak dapat diengkol. Dan berikut ini merupakan penyebab dari permasalahan mesin diesel yang macet / gancet.

Penyebab Mesin Diesel Macet 

1. Oli Mesin Kurang 

Kurangnya minyak pelumas ( oli ) pada mesin diesel merupakan penyebab utama dari permasalahan mesin diesel macet tidak dapat diengkol. Pengaruh oli sangat  besar terhadap kinerja mesin diesel. Oli yang yang kurang akan menyebabkan mesin menjadi cepat panas yang menimbulkan pergesekan antara bagian yang satu dengan yang lain menjadi lebih besar. Sehingga akan mengakibatkan terhentinya dari bagian – bagian tersebut secara mendadak atau mesin gancet.

2. Pompa Oli Tidak Berfungsi

Penyebab yang kedua dari mesin diesel yang mengalami macet tidak bisa di engkol yaitu pompa oli pada mesin diesel tersebut tidak berfungsi. Tidak berfungsinya pompa oli tersebut akan mengakibatkan oli tidak dapat menyebar keseluruh bagian di dalam mesin tersebut dan mengakibatkan kemacetan pada bagian yang membutuhkan pelumasan minyak oli.

3. Terdapat Komponen Mesin Yang Rusak

Kerusakan salah satu bagian pada mesin diesel, akan menjadikan bagian lain yang terhubung dengan bagian yang rusak tersebut tidak dapat berkerja dengan baik. Salah satu contoh bagian yang sering mengalami kerusakan pada mesin diesel yaitu klep patah dan menghambat laju dari piston. Sehingga mesin diesel macet dan tidak dapat diengkol sama sekali.

Itulah beberapa penyebab yang menjadikan mesin diesel macet tidak dapat diengkol. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima Kasih.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *