Home » Cara Servis Mesin Diesel Dongfeng

Cara Servis Mesin Diesel Dongfeng

servis+mesin+diesel+dongfeng
Cara Servis Mesin Diesel Dongfeng

Cara Servis Mesin Diesel Dongfeng – Sebenarnya langkah-langkah servis pada mesin diesel dongfeng sama saja dengan diesel merk lainnya, seperti diesel yanmar dan diesel kubota. Caranya sangat sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri jika telah mengetahui sistem kerja dari bagian-bagian mesin diesel dongfeng tersebut. Hal yang paling penting sebelum melakukan perbaikan pada mesin diesel dongfeng yaitu memeriksa terlebih dahulu kondisi mesin diesel. Agar nantinya dapat mengetahui bagian mana saja yang bermasalah pada mesin diesel dongfeng tersebut dan tidak terjadi kesalahan dalam memperbaikinya.

Mesin diesel dongfeng adalah mesin diesel rakitan china yang memang sudah sangat populer di kalangan industri permesianan. Mesin diesel ini banyak digunakan untuk berbagai macam pekerjaan. Misalnya dibidang pertanian, perkapalan, proyek industri, dan beberapa jenis usaha lainnya yang mengaplikasikan mesin diesel sebagai sumber penggerak mesin. Penggunaan mesin diesel yang terus menerus sebagai mesin penggerak harian, lama-kelamaan pasti akan muncul masalah pada mesin diesel tersebut. Berbeda jika kita melakukan servis dengan benar dan rutin berkala pada mesin diesel tersebut, maka kemungkinan mesin diesel dongfeng tersebut akan terhindar dari permasalahan yang serius dan tentunya lebih berumur panjang dibandingkan dengan mesin diesel yang tidak pernah dirawat

Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan menguraikan tentang bagaimana cara melakukan servis yang benar pada mesin diesel dongfeng. Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan dalam melakukan servis pada mesin diesel dongfeng. Dan berikut merupakan beberapa langkah yang dapat dilakukan dan solusi perbaikan dalam melakukan servis mesin diesel dongfeng.

Cara Servis Mesin Diesel Dongfeng

Dalam melakukan servis pada mesin diesel, keselamatan dan kenyaman kerja harus benar-benar diperhatikan agar tidak terjadi permasalahan yang dapat merugikan diri sendri maupun lingkungan di sekitar. Pastikan menggunakan peralatan standart dan masih berfungsi dengan baik. Pakailah pelindung keamanan kerja dengan benar dan selalu utamakan keselamatan kerja. Selain itu, kita juga perlu memperhatikan lingkungan di sekitar tempat kerja, jika di dalam ruangan tertutup, pastikan terdapat ventilasi udara yang berfungsi dengan baik, Karena gas sisa pembakaran pada mesin diesel dapat membahayakan kesehatan kita. Dan berikut merupakan langkah-langkah servis mesin diesel dongfeng.

1. Hal pertama yang perlu dilakukan dalam servis mesin dongfeng yaitu memeriksa ketersediaan bahan bakar yang berada di dalam tanki bahan bakar. Setelah itu periksa aliran bahan bakar tersebut yang menuju ke bospom (injection pump) dan nozzle (injector). Kedua komponen tersebut merupakan alat pemompa dan pentuplai bahan bakar ke ruang pembakaran mesin diesel. Jika di dalam aliran bahan bakar tersebut terjadi masalah, maka akan mengakibatkan mesin diesel susah dihidupkan.

2. Kedua yaitu mengecek masing-masing kondisi dari nozzle dan bospom. Lakukanlah pengetesan satu per satu pada kudua komponen tersebut untuk mengetahui apakah masing-masing komponen masih bekerja dengan baik atau tidak. Pastika tekanan dari pada bospom dan nozzle tidak bermasalah dan berfungsi dengan maksimal.

3. Kemudian periksalah tekanan kompresi pada mesin diesel. Caranya yaitu dengan memutar poros engkol secara perlahan dan menekan decomp lever (choke). Kemudian lepaskan decomp lever bersamaan dengan melepaskan poros engkol. Kemudian lihatlah tekanan yang terjadi ketika melepaskan poros engkol, jika putaran mesin seperti ada tekanan balik ketika di lepaskan poros engkol dan decomp lever-nya, tandanya kompresi mesin diesel tersebut masih bagus. Kita juga bisa menggunakan alat ukur tekanan kompresi yang diletakan pada lubang nozzle untuk memperoleh hasil yang lebih akurat.

4. Selanjutnya periksa kondisi oli mesin apakah masih bagus atau sudah tidak layak dan waktunya untuk diganti. Cek juga sirkulasi oli pelumas pada mesin diesel tersebut dengan melihat apakah indikator oli masih berfungsi atau tidak ketika poros engkol diputar. Bersihkan juga bagian filter oli dari kotoran agar tidak menyumbat jalannya peredaran oli pelimas.

5. Periksa kondisi air radiator atau hoper. Pastikan ketersediaan airnya mencukupi, karena jika air pendingin tersebut kurang atau sampai habis, maka dapat menimbulkan masalah yang serius pada mesin diesel yaitu mesin akan cepat panas dan lama kelamaan dapat mengakibatkan mesin macet.

6. Bersihkan saringan atau filter udara pada saluran intake dan juga cek kondisi knalpot mesin. Jika kedua saluran tersebut sampai tersebut oleh kotoran, maka dapat menyebabkan mesin diesel susah dihidupkan dan performa mesin akan menurun.

7. Bongkarlah bagian cylinder head yang terletak pada ujung mesin diesel. Bersihkan permukaan cylinder head, bagian atas piston dan bagian depan cylinder liner dari kotoran kerak akibat dari sisa gas pembakaran mesin yang menempel pada pada bagian-bagian tersebut

8. Cek kondisi kedua katup/klep/valve pada cylinder head. Jika diperlukan, lakukan penyekiran pada klep tersebut agar siting klep dan klep kembali rapat jika menutup. Dengan begitu, proses menghidupkan mesin akan lebih mudah dan performa mesin pun akan meningkat.

9. Periksa juga kondisi ring pistin dan dinding cylinder liner apakah masing-masing bagian tersebut masih bagus atau sudah aus. Untuk mengecek kondisi cylinder liner, kita bisa melihat secara langsung atau meraba permukaannya dengan tangan. Sedangkan untuk memeriksa kondisi ring piston yaitu dengan melihat dan mengukur celah ring piston ketika di masukkan ke dalam cylinder liner.

10. Periksa kondisi metal jalan, pen piston, dan stang piston. Apabila kondisinya sudah tidak layak (rusak), maka sebaiknya ganti dengan yang baru agar performa mesin lebih maksimal.

11. Cek kondisi main bearing apakah masih bagus atau tidak. Periksa juga oil seal kruk as dan seluruh packing apakah ada kebocoran oli mesin atau tidak. Jika terdapat rembesan oli pelumas keluar, maka lakukanlah penggantian pada bagian yang bocor tersebut.

Setelah pengecekan pada seluruh komponen mesin diesel selesai, pasanglah kembali pada posisinya masing-masing. Jangan sampai ada yang terlewat atau terbalik penempatannya. Jika telah selesai, cobalah untuk menghidupkan mesin diesel untuk mengetahui hasil dari servis yang telah dilakukan. Jika ternyata masih ada beberapa masalah yang muncul karena masih kurang dalam perbaikan, lakukan pemeriksaan pada bagian tersebut dan segera atasi dengan fokus pada komponen mesin diesel tersebut yang masih kurang penanganan.

Demikianlah pembahasan mengenai cara servis mesin diesel dongfeng. Dan artikel ini merupakan panduan servis secara penuh. Jika dalam penganalisaan awal hanya menemukan beberapa bagian yang bermasalah, lakukanlah perbaikan pada bagian-bagian tersebut. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top