Home » Info Baru » Penyebab Hilangnya Pengapian Mesin GX 160

Penyebab Hilangnya Pengapian Mesin GX 160

penyebab hilangnya pengapian mesin gx 160
Penyebab Hilangnya Pengapian Mesin GX 160
Penyebab Hilangnya Pengapian Mesin GX 160 – Busi merupakan hal yang sangat penting pada sebuah mesin bensin. Karena, tanpa adanya busi, pembakaran pada ruang bakar tidak akan terjadi. Oleh karena itu, pengapian pada sebuah mesin harus benar-benar kita perhatikan, agar mesin tersebut memiliki kinerja yang sempurna.

Salah satu tipe mesin yang menggunakan sistem pengapian untuk proses pembakaran adalah mesin GX 160. Pengapian pada mesin GX 160 ini, berasal dari kinerja CDI dan perputaran roda magnet yang kemudian menghasilkan percikan nyala api pada busi.

Namun, dalam beberapa permasalahan yang terjadi pada mesin GX 160 ini adalah sistem pengapiannya hilang. Hilangnya pengapian tersebut mengakibatkan mesin tidak dapat hidup meski  telah mencoba berulang kali untuk menyalakannya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kita harus mengetahui terlebih dahulu sumber penyebab yang menjadikan hilangnya sistem pengapian tersebut. Dan berikut ini merupakan beberapa penyebab dari hilangnya pengapian pada mesin GX 160.

Penyebab Hilangnya Pengapian Mesin GX 160 Dan Cara Mengatasinya


1. Busi Mati

Penyebab yang pertama dari hilangnya sistem pengapian pada mesin GX 160 adalah busi mati. Busi merupakan bagian dari sistem pengapian yang berfungsi sebagai penyuplai percikan nyala api pada proses pembakaran. Apabila busi mati, maka proses pembakaran pun tidak akan terlaksana.

Untuk mengetahui kondisi busi yang sudah mati atau masih nyala, kita dapat mengeceknya dengan cara melepas busi tersebut dari tempatnya. Kemudian menempelkan busi tersebut pada bagian mesin yang terbuat dari logam. Setelah itu, kita tarik recoilnya sambil memperhatikan apakah busi menyala atau tidak.

Jika busi masih menyala, berarti busi masih dalam keadaan normal. Namun apabila mendapati busi yang tidak mengeluarkan percikan nyala api, maka segeralah untuk mengganti busi tersebut dengan busi yang baru.

2. CDI Tidak Berfungsi

Penyebab yang kedua adalah CDI sudah tidak berfungsi. CDI yang tidak berfungsi tersebut dapat disebabkan oleh jarak antara CDI dengan roda magnet yang kurang tepat atau CDI tersebut yang memang sudah mati.

Untuk mengecek jarak kerenggangan CDI dengan roda magnet tersebut. Kita dapat mengukur jarak tersebut dengan menggunakan feeler gauge. Jarak kerenggangan antara kedua bagian tersebut yaitu 0,2 mm. Jika jaraknya melebihi 0,2 mm maka harus dilakukan penyetelan kembali jarak antara CDI dengan roda magnet tersebut.

Untuk mengetahui CDI tersebut masih berfungsi atau tidak, kida dapat melakukan pengecekan sama seperti pada cara pengecekan busi di atas. Namun kita harus melepas cup businya terlebih dahulu dan  meletakan langsung kabel CDI tersebut ke bagian mesin yang berjenis logam. Dan jika memang CDI sudah tidak mengeluarkan percikan api, maka gantilah dengan CDI yang baru.

3. Kabel Massa Menempel Badan Mesin

Penyebab yang ketiga yaitu kabel massa menempel pada badan mesin. Kabel massa merupakan kabel yang berfungsi untuk menghentikan laju mesin. Dan kabel masa inilah yang terhubung dengan saklar power on/off. Permasalah yang sering terjadi adalah terkelupasnya kabel massa tersebut karena pengaruh suhu mesin yang tinggi atau gigitan tikus.

Untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan meneliti jalur kabel tersebut. Jika mendapati kabel yang terkelupas atau putus, maka cukup dengan menyambungkan kembali dan menutupnya dengan isolatip.

Itulah ulasan mengenai penyebab hilangnya pengapian pada mesin GX 160 dan sedikit penjelasannya serta cara mengatasinya. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top