Home » Mesin Bensin Mengeluarkan Asap Pekat

Mesin Bensin Mengeluarkan Asap Pekat

mesin+keluar+asap+pekat
Penyebab Mesin Bensin Keuar Asap Pekat

Mesin Bensin Mengeluarkan Asap Pekat – Mesin pada umumnya memang mengeluarkan asap ketika keadaan mesin itu hidup. Hal itu dikarenakan adanya sisa pembakaran dari dalam ruang bakar yang dikeluarkan oleh lubang knalpot. Lalu bagaimana jika asapnya terlalu tebal?

Penyebab knalpot mesin keluar asap tebal sebenarnya dikarenakan oleh jarangnya melakukan servis pada mesin itu sendiri. Jika kita merawat mesin secara rutin, pasti mesin akan selalu sehat dan jarang terjadi masalah. Dalam postingan kali ini, saya akan membahas tentang permasalahan yang kerap terjadi pada mesin, yaitu mesin keluar asap putih dan mesin keluar asap hitam.

Apa saja sih sebenarnya yang menyebabkan mesin keluar asap putih atau hitam tersebut? Dan bagaimana solusinya untuk mengatasinya agar normal kembali? Di bawah ini akan sedikit dijelaskan faktor apa saja yang menjadikan mesin mengeluarkan asap pekat berwarna putih mau pun hitam.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mesin Bensin Mengeluarkan Asap Pekat

Cara Mengatasi Mesin Bensin Keluar Asap Putih

Penyebab mesin yang mengeluarkan asap putih pekat pada mesin berbahan bakar bensin adalah naiknya oli pelumas pada ruang bakar. Hal itu disebabkan karena ring piston yang telah aus atau patah. Hal itu juga bisa disebabkan oleh silinder blok yang telah termakan gesekan atau baret.

Apabila dua bagian tersebut telah aus, maka pada saat piston berkerja, oli mesin akan naik ke ruang bakar dan ikut terbakar pada saat pembakaran terjadi. Maka sisa pembakarannya akan berwarna putih pekat. Dan lama kelamaan oli mesin akan berkurang yang mengakibatkan mesin cepat panas atau bahkan bisa sampai gancet.

Untuk menangani masalah ini, solusi yang terbaik adalah dengan mengganti ring pston yang baru. Namun jika silinder bloknya yang termakan, maka harus dilakukan pengkorteran atau over size. Dan jika telah dilakukan pengkorteran, untuk mengganti ring pistonya harus menyesuaikan dengan over size yang dilakukan pada silinder blok.

Faktor lain yang mengakibatkan asap berwarna putih pekat adalah seal klep yang telah aus atau pecah. Seal klep yang telah aus inilah yang mengakibatkan oli mesin masuk ke ruang bakar melalui celah klep. Jika seal klep telah aus atau pecah, harus menggantinya dengan yag baru.

Cara Mengatasi Mesin Bensin Keluar Asap Hitam

Untuk mesin yang normal, asap pekat hitam yang keluar pada awal menghidupkan mesin adalah hal yang wajar. Namun jika asap pekat yang keluar terus menerus, hal itu bukanlah hal yang wajar lagi. Dan permasalahan itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang mendominasinya. Diantaranya adalah tersumbatnya aliran udara pada karburator.

Untuk mengatasinya hal ini adalah dengan cara mencuci karburator dengan bensin sampai bersih. Pada bagian spuyer, bersihkanlah menggunakan kawat kecil. Setelah selesai dicuci, semprotlah dengan angin ( kompresor ) hingga kotoran dan sisa bensin kelur dari lubang – lubang kecil.

Penyebab yang kedua adalah nyala api pada busi bocor sehingga pembakaran yang terjadi tidak sempurna. Cara mengatasinya yaitu dengan mengganti busi yang baru. Busi yang bagus yaitu apinya kecil tetapi menyala dengan teratur.

Penyebab yang ketiga adalah ruang bakar berkerak tebal. Kerak tebal itu sendiri berasal dari sisa pembakaran yang menempel pada ruang bakar. Untuk mengatasinya yaitu dengan membersihkannya dengan sikat kawat atau skrap. Lalu sedikit diamplas menggunakan amplas halus. Setelah diamplas cucilah dengan bensin sampai bersih.

Mungkin itu saja yang bisa disampaikan pada ulasan tentang cara mengatasi mesin keluar asap putih atau hitam. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top