Tip & Trik Cara Menyambung Pipa Air Anti Bocor

Cara Menyambung Pipa Air Anti Bocor

cara+menyambung+pipa+air
Cara Menyambung Pipa Anti Bocor

Cara Menyambung Pipa Air Anti Bocor – Permasalahan kebocoran pada saluran pipa air memang sangat mengganggu. Hal itu biasanya terjadi karena kesalahan dalam penyambungan pipa, atau karena memang usia pipa yang sudah berumur. Untuk itu, jika mengalami masalah seperti itu, harus segera diperbaiki agar tidak menimbulkan  kerusakan yang lebih serius.

Instalasi pipa air merupakan bagian penting di rumah yang perlu diperhatikan dengan seksama. Dan tentunya setiap orang pasti menginginkan sambungan yang kuat dan anti bocor. Oleh sebab itu, dalam melakukan penyambungan pipa pun harus dilakukan dengan benar, agar tidak terjadi kebocoran yang mengakibatkan kebutuhan air menjadi terganggu.

Namun, tentunya kita juga harus tahu cara penyambungan pipa yang benar, karena kesalahan dalam menyambung pipa juga dapat mengakibatkan permasalahan baru. Untuk itu, bagi yang belum tahu bagaimana caranya, silahkan simak terus artikel ini, karena akan membahas tentang cara menyambung pipa air dengan jaminan anti bocor yang mungkin dapat diterapkan ketika memperbaiki instalasi pipa air.

Cara Menyambung Pipa Air Anti Yang Benar Dan Anti Bocor

Sebelum melakukan perbaikan pada pipa air yang bocor, persiapkan terlebih dahulu peralatan yang dibutuhkan, seperti gergaji besi, amplas, kain lap, lem pipa pvc, pipa air pvc, dan jenis sambungan pipa yang diperlukan (elbow, socket, dan lain-lain).

Untuk memilih lem pipa, sebaiknya pilihlah lem yang terbukti kuat dan tahan lama. Salah satunya yaitu truglue yang telah terbukti memiliki daya rekat yang kuat dan membuat pipa dan sambungannya bersenyawa dengan maksimal. Dan cara menyambung pipa air yang benar yaitu sebagai berikut.

  • Potong pipa pada bagian yang bocor. Namun jika hanya sambungannya yang terlepas, kita tidak perlu memotongnya.
  • Ampelas bagian ujung pipa yang akan disambung. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang menempel dan juga berfungsi agar permukaan ujung pipa menjadi lebih kasar dan kesat ketika disambungkan.
  • Untuk pipa yang memiliki ukuran kecil, sebaiknya diamplas seperlunya saja dan jangan terlalu lama.
  • Bersihkan ujung pipa dengan kain lap untuk menghilangkan debu sisa penhamplasan. Bersihkan juga juga bagian dalam sambungan pipa yang akan disambungkan.
  • Oleskan lem pada bagian ujung pipa yang telah diamplas dan bagian dalam pipa yang akan disambungkan.
  • Masukan ujung pipa ke dalam bagian pipa yang disambungkan. Beri tekanan sekuat mungkin agar benar-benar masuk dengan sempurna. Kemudian oleskan lem pada bagian sambungan pipa secara merata.
  • Biarkan lem hingga benar-benar kering. Dan jangan nyalakan pompa air dulu sebelum lem pipa benar-benar mengeras.

Begitulah tahap-tahap melakukan penyambungan pipa yang benar. Semoga cara menyambung pipa air anti bocor tersebut dapat diterapkan dengan benar dan memperoleh hasil yang diharapkan. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *