Tip & Trik Cara Melepas Roda Gila Mesin Diesel

Cara Melepas Roda Gila Mesin Diesel

cara+melepas+roda+gila
Cara Melepas Roda Gila Mesin Diesel
Cara Melepas Roda Gila Mesin Diesel – Melepas roda gila pada mesin diesel biasanya dilakukan ketika akan mengganti oli seal atau bearing poros engkol. Karena, tanpa melepas roda gila tersebut, kita tidak akan bisa mengganti bagian-bagian yang terletak di bagian dalam roda gila.

Roda gila merupakan bagian pada mesin diesel yang memiliki bobot cukup berat. Sehingga, untuk melepas roda gila tersebut kita juga harus menggunakan peralatan yang besar dan mumpuni. Apalagi jika mesin diesel yang berumur tua dan belum pernah dilepas, pasti akan sedikit susah untuk melepasnya.

Bagi yang belum pernah sama sekali melepas roda gila mesin diesel dan akan melakukannya, silahkan mengikuti cara yang akan disampaikan berikut ini mengenai cara melepas roda gila mesin diesel.

Cara Melepas Roda Gila Pada Mesin Diesel

Sebelum melakukan pelepasan roda gila pada mesin diesel, sediakan alat-alat seperti kunci roda gila, palu besar, dan obeng min. Dan untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Buka mur pengunci roda gila dengan kunci khusus roda gila. Jika tidak ada, bisa menggunakan kunci Inggris.

2. Kemudian lepaskan pelat penguncinya dengan mencongkel menggunakan obeng.

3. Pasang kembali mur pengunci roda gila tanpa dikencangkan untuk menahan agar roda gila tidak jatuh menggelinding ketika terlepas.

4. Setelah itu, pukulah roda gila ke arah luar menggunakan palu besar (bogem) sampai terlepas. Jika mengalami kesusahan, teteskan sedikit minyak pelumas pada bagian roda gila yang menempel pada poros engkol.

5. Setelah roda gila terlepas, ambil spi yang melekat pada poros terlebih dahulu sebelum melakukan penggantian pada bagian yang akan diganti.

Demikianlah informasi mengenai cara melepas roda gila mesin diesel. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *