Home » Tip & Trik » Kenapa Mesin Pompa Air Bunyi Terus?

Kenapa Mesin Pompa Air Bunyi Terus?

kenapa+mesin+pompa+air+bunyi+terus
Kenapa Pompa Air Bunyi Terus

Kenapa Mesin Pompa Air Bunyi Terus – Permasalah mesin pompa air terkadang memang sangat mengganggu aktivitas di rumah. Salah satu diantara kerusakan yang sering terjadi adalah mesin pompa air bunyi terus tidak mau mati. Sehingga mengakibatkan bunyi berisik yang terus menerus. Lalu, kenapa mesin pompa air bunyi terus?

Salah satu penyebab dari mesin pompa air hidup terus yaitu kerusakan pada bagian otomatis. Namun, dapat juga disebabkan oleh hal lainnya, seperti tekanan air di dalam pompa air yang kecil. Sehingga, otomatis pompa air tak dapat bekerja dengan baik.

Nah, bagi Anda yang sedang mengalami permasalahan seperti yang disebutkan di atas, silahkan simak pembahasan berikut tentang penyebab dan cara memperbaiki masalah kenapa mesin pompa air bunyi terus menerus tidak mau mati.

Penyebab Mesin Pompa Air Bunyi Terus

Penyebab utama dari mesin pompa air bunyi terus adalah permasalan pada tekanan air di dalam pompa air tidak bertahan. Sehigga menyebabkan otomatis tidak dapat menekan saklar untuk mematikan mesin. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya yaitu:

1. Adanya Kebocoran Pada Kran Air

Kran air merupakan alat yang digunakan sebagai pembuka dan penutup saluran air pada instalasi pengairan. Penggunaan dalam jangka waktu lama, sangat memungkinkan jika kran air rusak. Sehingga air akan terus keluar dan menyebabkan tekanan air di dalam pompa akan menurun.

Baca Juga :  Cara Menyetel Posisi Van Belt Mesin Cabut Bulu Ayam

2. Terdapat Kebocoran Pada Instalasi Pipa

Penyebab yang kedua adalah adanya kebocoran pada saluran pipa, baik itu bagian pipa hisap maupun pipa output. Hal ini biasanya terjadi karena kurangnya kerapatan pada sambungan pipa ataupun disebabkan dari pengeleman pipa yang kurang baik. Meskipun hanya kebocoran kecil, namun hal ini sangat mempengaruhi terjadinya penurunan terhadap tekanan air.

3. Adanya Kerusakan Pada Tusen Klep

Tusen klep atau foot klep merupakan bagian ujung dari pipa hisap yang menuju sumber air. Jika tusen klep rusak, maka akan mengakibatkan tekanan air menurun dan otomatis pun akan terhubung dengan sumbe listrik secara terus menerus karena tidak mendapat tekanan. Kerusakan pada tusen klep biasanya disebabkan oleh material pasir yang mengganjal, sehingga klep tidak dapat menutup dengan semurna.

Cara Mengatasi Mesin Pompa Air Tidak Mau Mati

Setelah mengetahui beberapa penyebab yang menjadikan pompa air bunyi secara terus atau tidak mau mati, sebaiknya segera lakukan perbaikan agar permasalahan dapat teratasi. Adapun beberapa tips yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Pastikan seluruh kran dalam kondisi tertutup rapat tidak ada air yang menetes sedikit pun. Jika terdapat kran yang bocor, sebaiknya langsung diganti yang baru agar tidak ada kebocoran lagi.
  • Periksa seluruh jalur pipa, baik pipa inputmaupun pipa outpun dan pastikan tidak ada kebocoran sekecil apapun. Jika menemukan adanya kebocoran, segera lakukan perbaikan dengan cara menambal atau mengganti pipa yang sudah keropos atau rusak.
  • Periksa juga pada bagian tusen klep. Karena komponen ini juga dapat menyebabkan tekanan air menurun. Pastikan tusen klep bersih dari kotoran. Jika setelah dibersihkan dan masalah belum teratasi, sebaiknya lakukan penggantian tusen klep.
Baca Juga :  Cara Melepas Roda Gila Mesin Diesel

Jika langkah-langkah di atas sudah lakukan dengan benar, seharusnya mesin pompa sudah dapat mati ketika kran air ditutup dan akan hidup ketika kran air dibuka.

Namun, jika masih saja belum teratasi, mungkin saja penyebabnya adalah otomatis yang sudah rusak karena komponen di dalamnya mengalami korosi yang menyebabkan pegas macet. Jika masih bisa disetel, maka lakukanlah penyetelan pada otomatis agar bekerja dengan baik. Namun, jika sudah disetel tidak membuahkan hasil, silahkan untuk mengganti otomatis pompa air yang baru.

Demikianlah pembahasan mengenai penyebab dan cara memperbaiki kenapa mesin pompa air bunyi terus. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published.