Home » Cara Memasang Kampas Mesin Potong Rumput

Cara Memasang Kampas Mesin Potong Rumput

kampas+mesin+potong+rumput
Cara Memasang Kampas Mesin Potong Rumput

Cara Memasang Kampas Mesin Potong Rumput – Kampas pada mesin potong rumput berfungsi sebagai media transmisi putaran mesin ke as fleksible. Pada putaran rendah (idle) kampas ini hanya akan berputar tanpa membuka. Namun, jika mesin berputar pada rpm tinggi, maka kampas akan membuka dan memutar rumah kampas. Dengan begitu, as fleksible akan berputar dan menggerakan mata potong.

Penggunaan mesin potong rumput dalam jangka panjang, mengakibatkan kampas akan habis karena bergesekan dengan rumahnya. Kampas mesin potong rumput yang telah habis, dapat ditandai dari bunyi putaran mesin menjadi berisik. Atau jika sudah parah, maka as fleksible tidak dapat berputar karena terjadi selip antara kampas dan rumahnya.

Jika kampas telah habis, maka harus diganti dengan yang baru agar dapat berfungsi kembali. Dan untuk cara pemasangannya, silahkan ikuti panduan berikut ini mengenai cara memasang kampas pada mesin potong rumput.

Cara Memasang Kampas Mesin Potong Rumput

Untuk memasang kampas pada mesin potong rumput caranya cukup mudah. Peralatan yang digunakan juga sederhana, yaitu obeng dan kunci ring 14 mm. Dan untuk langkah-langkah membongkar maupun memasang kampas mesin rumput adalah sebagai berikut.

1. Bukalah cover rumah kampas dengan melepas bautnya terlebih dahulu menggunakan obeng. Baut cover rumah kampas ada tiga atau empat buah tergantung dari tipe mesinnya masing-masing.

2. Kemudian, gunakan obeng untuk mengganjal kedua baut kampas. Yaitu dengan menyelipkan diantara kedua baut kampas secara berseberangan. Hal, ini bertujuan agar kampas tidak ikut berputar pada saat dilepas.

3. Lepaskan kedua baut kampas dengan menggunakan kunci ring 14 mm. Jika bautnya keras dan susah diputar, kita bisa mengetuk gagang kunci ring dengan palu untuk membantu meggerakan bautnya. Karena pada umumnya baut kampas ini memang sangat kencang dan susah dibuka dengan tenaga tangan, sehingga perlu sedikit hentakan untuk memutarnya.

4. Setelah kampas terlepas, pasang kampas yang baru. Pasang kedua bautnya terlebih dahulu pada kampas sebelum dipasangkan. Pada baut kampas ini masing-masing memiliki dua buah ring. Untuk ring yang lubangnya besar, pasang pada bagian dalam, sedangkan ring yang lubangnya lebih kecil, pasang pada bagian luar.

5. setelah itu, tempelkan kampas pada tempatnya, perhatikan arah panahnya agar tidak terbalik. pemasangan kampas yang terbalik akan mengakibatkan sayap kampas tidak dapat terbuka. Kemudian kencangkan kedua baut kampas secara bersamaan.

6. Pasang kembali cover rumah kampas dan kencangkan dengan baut penguncinya. Selesai.

Begitulah panduan cara memasang kampas mesin potong rumput. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top