Home » Tip & Trik » Cara Melepas Dan Mengganti Kepala Bor

Cara Melepas Dan Mengganti Kepala Bor

cara+melepas+kepala+bor
Cara Melepas Dan Mengganti Kepala Bor 

Cara Melepas Dan Mengganti Kepala Bor – Kepala bor merupakan bagian dari mesin bor listrik yang berfungsi sebagai tempat pemasangan mata bor. Kepala bor ini berupa mulut pengunci yang dapat membuka dan menutup. Untuk membuka atau menutup kepala bor tersebut harus menggunakan alat khusus yang biasa disebut dengan kunci mata bor.

Berdasarkan jenisnya, kepala bor ini dibedakan menjadi dua, yaitu kepala bor tipe kones dan tipe drat. Kepala bor tipe kones merupakan kepala bor yang memiliki lubang penghubung berupa tirus dan biasanya memiliki baut pengunci sebagai pengencangnya, sedangkan kepala bor tipe drat memiliki lubang penghubung berupa drat atau ulir.

Dalam beberapa permasalahan yang terjadi pada mesin bor listrik, salah satunya yaitu kepala bor yang sudah tidak befungsi. Tidak berfungsinya kepala bor tersebut biasanya karena kepala bor tersebut macet atau salah satu mulut penguncinya telah patah sehingga tidak dapat digunakan untuk memasang mata bor.

Jika kepala bor sudah tidak dapat digunakan lagi sebagaimana fungsinya, maka kita harus melepas kepala bor yang telah mengalami kerusakan tersebut dan menggantinya dengan kepala bor yang masih normal atau yang baru. Dan berikut ini adalah ulasan tentang cara melepas kepala bor yang telah rusak.

Cara Melepas Dan Mengganti Kepala Bor

1. Cara Melepas Dan Mengganti Kepala Bor Tipe Kones

Kepala bor tipe kones biasanya memiliki ciri – ciri adanya baut pengunci di dalam mulut kepala bor tersebut. Langkah pertama jika kita ingin melepas kepala bor tipe kones tersebut yaitu dengan mengendorkan dan melepas baut penguncinya. Setelah itu, ketuklah kepala bor tersebut dengan menggunakan palu secara perlahan – lahan. Jika kepala bor sudah terselepas, pasanglah kepala bor yang baru dan kencangkan kembali baut pengencangnya.

2. Cara Melepas Dan Mengganti Kepala Bor Tipe Drat Atau Ulir

Ciri – ciri dari kepala bor tipe drat atau ulir yaitu terdapatnya coakan pada as kepala bor tersebut. Fungsi dari coakan tersebut adalah sebagai tempat kunci penahan pada saat melepas atau memasang kepala bor.

Jika kita akan melepas kepala bor tipe drat, langkah pertama yaitu tempatkan kunci penahan pada coakan yang terdapat pada as kepala bor tersebut. Kemudian gunakanlah tang buaya ( tang yang memiliki pengunci ) untuk menjepit kepala bor yang akan kita lepas. Setelah itu, putar tahan kunci penahan dengan kuat dan putarlah kepala bor tersebut ke kiri atau berlawanan dengan arah jarum jam. Setelah kepala bor terlepas, pasanglah kepala bor yang baru dengan memutar searah jarum jam dan kencangkan dengan tang buaya.

Begitulah langkah – langkah tentang cara melepas dan mengganti kepala bor yang telah rusak. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top