Info Baru Ciri – Ciri Plunger Mesin Diesel Rusak

Ciri – Ciri Plunger Mesin Diesel Rusak

plunger+mesin+diesel
Ciri – Ciri Plunger Mesin Diesel Rusak

Ciri – Ciri Plunger Mesin Diesel Rusak – Plunger merupakan komponen utama pada pompa solar (bosh pump) mesin diesel. Berfungsi sebagai penekan bahan bakar, maka performanya harus diperhatikan. Karena jika plunger tersebut aus atau rusak, maka akan mengakibatkan mesin diesel susah hidup atau malah tidak bisa hidup sama sekali.

Kerusakan pada bagian plunger, dapat dilihat dari pancaran nozzle yang menjadi lemah. Kita dapat mengetahuinya dari hilangnya bunyi tekanan solar ketika mesin diesel di engkol. Berbeda jika kondisi bosh pump masih bagus, akan terdengar bunyi mirip jangkrik ketika mesin di engkol.

Selain dilihat dari bunyi tekanan nozzle, plunger yang rusak juga dapat diketahui melalui tanda-tanda lainnya. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini mengenai ciri-ciri plunger mesin diesel rusak dan masing-masing penjelasannya.

Ciri – Ciri Plunger Mesin Diesel Rusak

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengetahui plunger mesin diesel yang mengalami kerusakan. Hal ini sangat penting untuk diketahui untuk memastikan apakah masalah yang timbul pada mesin diesel diakibatkan oleh kinerja plunger yang menurun.

1. Hilangnya Bunyi Tekanan Nozzle

Ciri-ciri yang pertama dari plunger rusak yaitu hilangnya bunyi tekanan solar pada nozzle. Jika, mesin diesel di engkol seperti ketika akan menghidupkan mesin, seharusnya bunyi tekanan solar akan terdengar keras. Tetapi jika kondisi plunger sudah aus, maka bunyi tersebut tidak akan terdengar di telinga.

2. Kinerja Mesin Diesel Menurun

Plunger rusak juga mengakibatkan kinerja mesin menurun. Hal ini disebabkan oleh lemahnya tekanan solar yang masuk ke dalam ruang bakar. Sehingga mesin tidak dapat melakukan pembakaran dengan sempurna. Akibatnya mesin menjadi kurang bertenaga.

3. Mesin Susah Dihidupkan

Tanda-tanda selanjutnya dari kondisi plunger yang sudah rusak yaitu mesin susah dihidupkan. Fungsi plunger yang menurun, akan mengakibatkan solar tidak dapat terpompa secara maksimal. Sehingga, tekanan solar yang keluar dari bosh pump tidak mampu menekan spring nozzle untuk dikabutkan.

4. Keluar Asap Tebal Jika Mesin Di Gas

Ciri-ciri lainnya dari plunger rusak yaitu adanya asap tebal yang keluar dari knalpot ketika tuas gas dihentakan ke rpm tinggi. Hal ini disebabkan oleh lambatnya tekanan solar yang keluar dari nozzle akibat dari kinerja plunger yang sudah tidak maksimal.

Agar lebih yakin lagi, sebaiknya langsung bongkar bosh pump dan lepaskan plunger untuk memastikan kerusakannya. Plunger yang rusak biasanya akan terlihat aus atau baret pada batang plunger. Karena permasalahan di atas juga dapat di sebabkan oleh kerusakan nozzle.

Selain melihat secara langsung, kita juga dapat mengeceknya dengan cara menutup lubang saluran solar yang ada pada plunger dengan dua jari. Kemudian menarik batang plunger ke arah luar, jika kedua jari terasa terhisap dan batang plunger kembali ketika dilepaskan, maka tandanya kompresi plunger masih bagus. Tetapi jika batang plunger tidak kembali, maka berarti plunger telah rusak.

Demikianlah pembahasan mengenai ciri-ciri plunger mesin diesel rusak. Semioga bermanfaat.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *