Home » Servis » Cara Memperbaiki Spray Gun Dan Perawatan Spray Gun

Cara Memperbaiki Spray Gun Dan Perawatan Spray Gun

cara+memperbaiki+spray+gun
Cara Memperbaiki Spray Gun

Cara Memperbaiki Spray Gun Dan Perawatan Spray Gun – Ada banyak permasalahan yang sering terjadi pada spray gun, seperti tidak bisa mengeluarkan cat, bocor, dan mampet. Untuk itulah penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara memperbaiki dan melakukan perawatan pada spray gun.

Spray gun itu sendiri merupakan alat yang biasanya digunakan untuk pekerjaan pengecatan. Spray gun memiliki beberapa jenis, salah satunya yaitu spray gun hvlp (high volume low pressure). Spray gun jenis inilah yang paling banyak digunakan. Untuk itu, artikel ini akan membahas bagaimana cara memperbaiki spray gun hvlp yang bermasalah.

Dalam melakukan perbaikan spray gun, ada kalanya kita harus membongkar bagian dalamnya. Karena biasanya ada kerusakan yang sulit diatasi kalau tidak dibongkar. Atau bisa juga karena sisa cat yang mengumpul di bagian dalam yang harus dibersihkan.

Cara memperbaiki spray gun yang rusak sebenarnya sangat mudah. Karena alat semprot ini hanya memiliki komponen yang jumlahnya tidak begitu banyak. Namun, bagi yang tidak tahu caranya, tentu saja bingung ketika melakukan pembongkaran dalam melakukan perbaikan spray gun.

Jenis-Jenis Kerusakan Pada Spray Gun

Sebelum memperbaiki spray gun, sebaiknya kenali dulu beberapa kerusakan pada spray gun. Setelah mengetahui permasalahannya, barulah melakukan perbaikan. Berikut merupakan jenis-jenis kerusakan yang sering terjadi pada spray gun dan cara memperbaikinya.

1. Spray Gun Tidak Keluar Cat

Permasalahan ini biasanya disebabkan oleh lubang nozzle tertutup oleh kotoran, atau bisa juga karena adanya cat yang mengering pada saluran tabung cat.

2. Spray Gun Bocor

Kebocoran yang terjadi pada spray gun biasanya disebakan oleh adanya seal yang rusak, atau bisa juga karena pemasangan komponen yang tidak kencang.

3. Spray Gun Macet

Jika spray gun jarang dibersihkan bagian dalamnya, ada kemungkinan tuas penyemprotannya (trigger) macet tidak bisa ditekan. Hal ini biasanya disebabkan oleh sisa cat yang menggumpal di bagian dalam spray gun.

Baca Juga :  Penyebab Mesin Potong Rumput Tidak Bertenaga

Cara Memperbaiki Spray Gun

Untuk memperbaiki spray gun, caranya tidak begitu sulit. Yang terpenting adalah memahami fungsi bagian-bagiannya dan mengingat posisi dan letak dimana bagian-bagian tersebut terpasang.

bagian+bagian+spray+gun
Bagian-Bagian Spray Gun

Nah, bagi yang ingin memperbaiki atau sekedar membersihkan spray gun, hal pertama yang perlu kita siapkan yaitu peralatan yang digunakan. Ada pun peralatan yang diperlukan untuk membongkar spray gun yaitu sebagai berikut:

  • Kunci set spray gun, biasanya tersedia ketika membeli spray gun baru. Jika tidak ada bisa menggunakan kunci pas 12 dan 14 mm
  • Tang
  • Kawat bekas rem
  • Kuas halus
  • Sikat baja lembut
  • Thinner
  • Kain lap
  • Wadah

Setelah mengetahui penyebab dari berbagai macam jenis kerusakan pada spray gun, tentunya akan lebih mudah untuk memperbaikinya. Berikut merupakan langkah-langkah memperbaiki spray gun yang rusak.

  • Mulailah dengan melepas tabung cat, lepaskan penguncinya dengan menggunakan tang.
  • Kemudian buka cup dengan memutar ke kiri, dan lepaskan nozzle dengan menggunakan kunci set.
  • Lepaskan knop pengatur semburan dan knop volume cat, perhatikan spring (pir) dan seal jangan sampai hilang.
  • Rendam seluruh komponen di dalam wadah yang sudah terisi thinner agar cat yang mengering mudah luntur dan gampang dibersihkan.
  • Bersihkan lubang nozzle dengan menggunakan kawat halus hingga terbebas dari kotoran.
  • Untuk cat yang menggumpal, gosok dengan sikat halus sampai bersih.
  • Sapu bagian dalam tabung cat dan rongga-rongga spray gun dengan kuas halus.
  • Gunakan kain lap untuk mengeringkan bagian-bagian uang telah dibersihkan.
  • Pasang kembali seluruh komponen, jangan sampai ada yang terbalik atau salah pemasangan.
Baca Juga :  Cara Mengganti Metal Jalan Pada Mesin Diesel

Penggunaan Dan Perawatan Spray Gun

Selain mengetahui cara membongkar dan memperbaiki spray gun, kita juga perlu menjaga kualitas spray gun agar tetap optimal digunakan. Berikut merupakan upaya penggunaan dan perawatan spray gun yang benar.

  • Gunakan filter udara pada kompresor untuk menjaga kebersihan udara yang masuk ke spray gun. Lengkapi juga dengan water trap agar udara yang masuk spray gun terbebas dari air dan residu debu. Selain menjaga hasil pengecatan yang optimal, hal ini juga mencegah timbulanya korosi pada bagian dalam spray gun.
  • Gunakan saring sebelum cat dimasukkan ke dalam tabung spray gun. Hal ini bertujuan untuk menghindari kotoran bercampur dengan cat yang dapat menyumbat lubang spray gun.
  • Jika selesai menggunakan spray gun, isilah tabung spray gun dengan thinner, kemudian gunakan kuas untuk membersihkan dinding tabung agar sisa cat di dalam tabung hilang. Kemudian tekan tuas spray gun dan biarkan thinner keluar sampai habis. Lakukan beberapa kali hingga thinner yang keluar benar-benar terbebas dari cat.
  • Kemudian lepaskan bagian cup, nozzle, jarum nozzle, dan knop-knop pengaturan. Bersihkan semua bagian tersebut sampai benar benar bersih. Pastikan lubang nozzle dan lubang pada cup spray gun tidak mampet.
  • Bersihkan bagian luar spray gun dengan thinner menggunakan kuas halus, kemudian lap hingga kering. Setelah itu simpan spray gun di tempat yang aman dan kering.

Demikianlah pembahasan mengenai cara memperbaiki spray gun dan beberapa upaya melakukan perawatan pada spray gun agar selalu optimal ketika digunakan. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top