Tip & Trik Cara Menghilangkan Bau Kulkas

Cara Menghilangkan Bau Kulkas

cara+menghilangkan+bau+kulkas
Cara Menghilangkan Bau Kulkas

Cara Menghilangkan Bau Kulkas – Memiliki peranan penting sebagai penyimpan bahan makanan dan minuman agar tahan lama, kebersihan kulkas haruslah diperhatikan. Namun ternyata masih banyak orang yang mengabaikannya, sehingga menimbulkan bau yang tak sedap ketika pintu kulkas dibuka. Lalu, bagaimana cara menghilangkan bau kulkas tersebut?

Penyebab Kulkas Menjadi Bau

Sebelum menguraiakan cara menghilangkan bau kulkas, penting bagi kita untuk mengetahui sebenarnya apa saja yang menjadi penyebab kulkas bau. Dan berikut merupakan beberapa penyebab kulkas mengeluarkan bau tak sedap.

# Meletakan Aneka Jenis Makan 

Fungsi kulkas memang dapat memperlambat proses pembusukan pada makanan. Namun bukan berarti kita bebas memasukan beraneka jenis makanan dalam satu ruang pendingin tanpa menutupnya hingga rapat. Hal itu hanya menyebabkan percampuran aroma yang mengakibatkan bau tidak sedap. Oleh sebab itu, harus segera dihilangkan agar tidak membahayakan kesehatan.

# Kurangnya Pengontrolan Waktu Penyimpanan

Bau kulkas juga dapat disebabkan oleh kurangnya mengontrol waktu penyimpanan. Makanan yang disimpan dalam waktu yang lama di dalam kulkas, biasanya akan menjadi basi dan kita lupa untuk mengeluarkannya. Dan tentu saja masalah tersebut mengakibatkan bau tak sedap yang susah dihilangkan hingga menyebar ke seluruh ruangan pendingin.

# Kulkas Sudah Tidak Dingin

Kondisi suhu kulkas yang sudah tidak dingin, akan mempercepat proses pembusukan pada makanan seperti daging, ikan, dan sayur-sayuran. Sehingga menyebabkan bau yang menyengat akibat tumbuhnya bakteri dan jamur pada makanan tersebut. Oleh sebab itu, sering-seringlah mengecek sushu kulkas dan menyortir makanan yang sudah membusuk agar kulkas terbebas dari bau yang tidak enak.

Bau pada kulkas harus segera dihilangkan dan jangan dibiarkan begitu saja. Untuk mengusir bau kulkas, kita dapat memanfaatkan bahan-bahan alami atau bahan lainnya yang biasanya tersedia di dapur. Dan berikut adalah tips dan cara menghilangkan bau kulkas agar ruangan pendingin beraroma harum dan segar.

Cara Menghilangkan Bau Kulkas

1. Cara Menghilangkan Bau Kulkas Dengan Bubuk Kopi

cara+menghilangkan+bau+kulkas
Cara Menghilangkan Bau Kulkas Dengan Bubuk Kopi

Bubuk kopi merupakan bahan penyerap bau paling efektif yang sudah terkenal sejak zaman dahulu kala. Oleh sebab itu, sebab itu kita dapat menggunakan bubuk kopi tersebut untuk menghilangkan bau pada kulkas. Caranya juga sangat mudah, tuangkan bubuk kopi ke wadah yang terbuka dan letakan di dalam kulkas. Dengan begitu, kulkas akan terhindar dari bau yang tidak sedap. Agar lebih efektif, gantilah bubuk kopi tersebut sekitar 2 minggu atau sebualan sekali.

2. Cara Menghilangkan Bau Kulkas Dengan Teh

cara+menghilangkan+bau+kulkas
Cara Menghilangkan Bau Kulkas Dengan Teh

Selain bubuk kopi, teh juga sangat baik untuk melenyapkan bau yang tidak sedap. Sehingga, dapat juga digunakan untuk melenyapkan bau busuk yang bersarang di dalam kulkas. Caranya yaitu dengan meletakan beberapa kantung teh bekas pada cawan atau gelas. Kemudian masukan ke dalam kulkas. Dengan begitu, bau amis dan menyengat akan segera pergi dari dalam kulkas.

3. Cara Menghilangkan Bau Kulkas Dengan Kentang

cara+menghilangkan+bau+kulkas
Cara Menghilangkan Bau Kulkas Dengan Kentang

Banyak yang tidak tahu, ternyata irisan kentang yang biasa di masak balodo tersebut juga dapat menghilangkan bau kulkas secara alami. Dengan menaruh beberapa potongan kentang pada piring dan memasukannya ke dalam kulkas, maka bau yang tak sedap akan terserap oleh potongan kenang tersebut. Agar lebih maksimal dalam menetralisir bau kulkas, gantilah potongan kentang tersebut jika sedah mengering.

4. Cara Menghilangkan Bau Kulkas Dengan Koran Dan Tisu Gulung

cara+menghilangkan+bau+kulkas
Cara Menghilangkan Bau Kulkas Dengan Tisu Gulung Dan Koran

Siapa sangka hanya sebuah kertas ternyata mampu menghisap bau di dalam kulkas. Koran dan tisu gulung memiliki lembaran kertas yang tipis yang dapat menyerap bau-bau yang tidak sedap. Oleh sebab itu, kita dapat memanfaatkan kertas koran atau tisu gulung tersebut untuk mengusir bau kulkas. Caranya yaiu dengan meremas kertas koran atau tisu gulung tersebut dan menaruh di sudut-sudut kulkas yang tidak basah.

5. Cara Menghilangkan Bau Kulkas Dengan Perasan Jeruk Nipis

cara+menghilangkan+bau+kulkas
Cara Menghilangkan Bau Kulkas Jeruk Nipis

Sudah bukan rahasia lagi jika perasan jeruk nipis mampu menghilangkan bau amis yang menyengat. Sehingga buah yang satu ini sangat cocok digunakan untuk menghilangkan bau kulkas yang tidak sedap. Dengan menaruh perasan jeruk nipis pada cawan dan mendiamkannya di dalam kulkas, maka bau amis yang biasanya dihasilkan oleh daging dan ikan akan segera pergi. Selain jeruk nipis, kita juga bisa menggunakan jeruk lemon untuk menghilangkan bau pada kulkas.

6. Cara Menghilangkan Bau Kulkas Dengan Larutan Garam

cara+menghilangkan+bau+kulkas
Cara Menghilangkan Bau Kulkas Dengan Garam

Sebagai salah satu bumbu penyedap rasa, garam juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau kulkas yang bersarang pada dinding atau rak bagian dalam kulkas. Cara juga cukup mudah, yaitu dengan melarutkan garam secukupnya ke dalam air hangat. Kemudian gunakan spon pencuci piring untuk mengelap interior kulkas dengan larutan garam tersebut.

7. Cara Menghilangkan Bau Kulkas Dengan Baking Soda

cara+menghilangkan+bau+kulkas
Cara Menghilangkan Bau Kulkas Dengan Baking Soda

Menghilangkan bau kulkas yang membandel juga bisa menggunakan baking soda. Bahan yang sering dipakai untuk membuat aneka kue ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk menghilangkan bau-bau yang tak sedap. Cara menggunakannya juga gampang, taruhlah baking soda pada piring atau wadah yanb terbuka. Kemudian masukan ke dalam kulkas dan bau kulkas yang membandel akan segera tersingkirkan . Selain itu, kita juga dapat membersihkan bagian dalam kulkas dengan baking yang dicampur dengan air. Caranya yaitu dengan mengelapkannya dengan menggunakan spon. Dan sesudahnya lap dengan kain kering yang halus.

8. Cara Menghilangkan Bau Kulkas Denga Vanili

cara+menghilangkan+bau+kulkas
Cara Menghilangkan Bau Kulkas Dengan Vanili

Terkenal dengan aroma baunya yang harum, vanili juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau kulkas yang tidak sedap. Cara yaitu dengan mencelupkan kapas bersih ke vanili yang telah dilarutkan dengan air. Kemudian letakan kapas tersebut di dalam kulkas, maka kulkas akan harum seketika ketika kita membukanya.

Itulah beberapa bahan dapur yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau kulkas. Namun, kita juga harus membersihkan kulkas secara rutin setiap seminggu atau dua minggu sekali agar kulkas terbebas dari bau-bau yang tak sedap. Semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan share untuk berbagi dengan yang lainnya. Terima kasih.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *