Home » Tip & Trik » Cara Menggunakan Spray Gun Elektrik

Cara Menggunakan Spray Gun Elektrik

cara+menggunakan+spray+gun+elektrik
Cara Menggunakan Spray Gun Elektrik

Cara Menggunakan Spray Gun Elektrik – Spray gun elektrik merupakan salah satu jenis alat semprot yang memanfaatkan energi listrik. Alat ini tidak lagi menggunakan angin dari kompresor untuk mengoperasikannya. Karena telah dilengkapi dengan mesin penghasil tekanan angin yang lebih simpel dan lebih efektif.

Selain penggunaanya yang praktis, kita juga tidak perlu khawatir tagihan listrik yang membengkak, karena spray gun elektrik ini hanya menggunakan daya listrik sekitar 400 watt. Dan untuk hasil pengecatannya pun juga bagus dan lembut.

Sebelum menggunakan spray gun elektrik ini, ada baiknya mengetahui apa saja keunggulan dari alat semprot listrik ini. Dan berikut merupakan beberapa kelebihan dari spray gun elektrik.

Hemat Listrik

Seperti yang telah diuraikan di atas, bahwa spray gun elektrik ini menggunakan daya listrik yang relatif kecil. Meskipun begitu, tekanan angin yang dihasilkan cukup besar, sehingga tidak perlu repot lagi untuk menambahkan kompresor.

Semburan Cat Halus

Semburan cat yang dihasilkan sprayer gun elektrik ini sangat bagus dan halus. Sehingga dapat memperoleh hasil pengecatan yang maksimal. Selain itu, sprayer listrik ini juga dilengkapi dengan adanya filter udara untuk mencegah kotoran masuk ke dalam spray gun.

Suara Mesin Halus

Suara yang keluar dari mesin spray elektrik ini juga halus dan tidak membuat kebisingan. Hal itu dikarenakan spray gun elektrik ini terbuat dari bahan material yang berkualitas bagus.

Baca Juga :  Cara Menggunakan Mesin Jahit Karung

Memiliki Pengatur Volume Cat

Sama halnya sprayer cat lainnya, spray gun elektrik ini juga dilengkapi adanya pengatur volume cat yang keluar. Dengan begitu, kita tidak perlu khawatir jika hasil pengecatan akan terlalu tebal atau tipis, karena kita bisa mengaturnya sesuai kebutuhan pengecatan.

Hasil Rekatan Cat Baik

Hasil pengecatan menggunakan spray gun elektrik ini juga sangat bagus. Kita tidak perlu khawatir jika hasil pengecatan kasar karena cat tidak bisa merekat dengan sempurna, karena hasil pengecatan merekat dengan baik pada permukaan yang dicat.

Itulah beberapa keistimewaan dari spray gun elektrik yang mungkin dapat dijadikan gambaran sebelum menentukan menggunakan spray gun listrik ini. Ada pun cara penggunaannya yaitu sebagi berikut.

Cara Menggunakan Spray Gun Elektrik

Kita dapat mengecat benda apa saja menggunakan sprayer elektrik ini, seperti tembok, furniture, dan juga mobil. Namun, jika akan mengecat menggunakan spray gun elektrik ini, pastikan terdapat sumber listrik yang tidak terlalu jauh dari lokasi pengecatan. Dan langkah-langkah mengecat menggunakan spray gun elektrik yaitu sebagai berikut.

  • Sebelum menggunakan spray gun, pastikan dalam kondisi normal.
  • Aduk cat secara merata, kemudian masukan ke dalam tabung cat.
  • Pasang tabung ke spray gun dan kencangkan mur penguncinya.
  • Tancapkan kabel power ke sumber listrik yang tersedia.
  • Arahkan spray gun ke benda yang akan dicat, kemudian tekan tuas spray gun untuk memulai pengecatan.
  • Jika semburan kurang tepat, maka kita dapat mengaturnya melalui knop pengatur volume cat.
  • Setelah selesai pengecatan, segera bersihkan spray gun dan simpan ditempat yang kering dan aman.
Baca Juga :  Cara Memperbaiki Tarikan Starter

Bagaimana, praktis sekali bukan? Demikianlah pembahasan mengenai cara menggunakan spray gun elektrik. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top