Home » Servis » Penyebab Mesin Serut Kayu Cepat Panas

Penyebab Mesin Serut Kayu Cepat Panas

penyebab+mesin+serut+panas
Penyebab Mesin Serut Kayu Cepat Panas

Penyebab Mesin Serut Kayu Cepat Panas – Penggunaan mesin serut kayu secara terus menerus tanpa henti, tentu akan mengakibatkan mesin cepat panas. Hal tersebut bisa dikatakan permasalahan yang wajar, karena pengaruh dari panas dinamo yang merambat ke seluruh rangka mesin.

Berbeda halnya jika kita baru menggunakan mesin serut beberapa saat kemudian mesin menjadi sangat panas, berarti ada masalah pada mesin serut kayu tersebut. Jika permasalahan seperti itu sampai terjadi, maka kita harus segera memperbaikinya agar menjadi normal kembali.

Mesin serut yang cepat panas, tentu akan menyebabkan pekerjaan menjadi terhambat. Untuk itu, kita harus mencari tahu penyebabnya mengapa itu bisa terjadi. Jika penyebabnya telah ditemukan, barulah melakukan perbaikan sesuai penyebab permasalahannya. Dan berikut merupakan beberapa penyebab mesin serut kayu cepat panas dan cara mengatasinya.

Penyebab Mesin Serut Kayu Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya

Diantara penyebab mesin serut yang cepat panas ketika digunakan yaitu sebagai berikut.

1. Bearing Macet

Penyebab yang pertama dari mesin serut kayu cepat panas adalah kondisi bearing macet. Bearing merupakan komponen yang sangat penting pada mesin serut kayu. Berperan sebagai penyangga putaran dinamo, maka kondisi bearing harus benar-benar diperhatikan.

Jika kondisi bearing sampai macet, maka putaran mesin menjadi seret. Dan apabila mesin serut dihidupkan, maka mesin akan mengalami gesekan yang besar pada bagian bearing. Akhirnya timbul panas dan merambat ke seluruh rangka mesin.

Untuk mengatasi masalah mesin serut yang cepat panas akibat kondisi bearing macet, maka kita harus mengganti bearing tersebut dengan yang baru agar putaran mesin lancar.

2. Rumah Bearing Aus

Penyebab yang kedua dari mesin serut kayu yang cepat panas yaitu kondisi rumah bearing yang sudah aus atau rusak. Hal ini mengakibatkan putaran as mesin menjadi tidak seimbang dan terjadi gesekan antara komponen-komponen yang bergerak.

Jika mengalami masalah seperti ini, maka kita harus mengganti rumah mesin dengan yang baru. Hal itu mengingat dudukan bearing tersebut yang terbuat dari bahan plastik dan tidak dapat diperbaiki.

3. Rotor Atau Stator Terbakar

Penyebab selanjutnya dari mesin serut kayu yang cepat panas ketika digunakan yaitu kondisi rotor atau stator yang terbakar. Namun, kita harus teliti dalam mengecek bagian tersebut agar tidak salah dalam penanganan.

Untuk mengecek kondisi rotor atau pun stator, kita dapat menggunakan multitester agar lebih tepat dalam menentukan bagaian mana yang terbakar. Jika menemukan salah satu atau keduanya terbakar, maka sebaiknya ganti bagian yang terbakar tersebut dengan yang baru.

Itulah beberapa penyebab mesin serut kayu cepat panas dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top