Home » Servis » Mengatasi Mesin Cucian Motor Semprotannya Kecil

Mengatasi Mesin Cucian Motor Semprotannya Kecil

cara mengatasi mesin cucian motor semprotannya kecil
Mengatasi Mesin Cucian Motor Semprotannya Kecil
Mengatasi Mesin Cucian Motor Semprotannya Kecil – Semprotan air yang berubah menjadi kurang kencang memang merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada mesin steam cucian.

Tekanan air yang menjadi kecil tersebut akan sangat berpengaruh terhadap hasil cucian. Oleh karena itu, jika permasalahan tersebut tidak segera ditangani, mesin cucian motor tersebut tidak dapat digunakan dengan sempurna.

Tekanan yang menjadi lemah ini sebenarnya disebabkan oleh fungsi kerja dari mesin steam tersebut telah berkurang akibat dari penggunaan yang terus-menerus dalam waktu lama. Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini tentang beberapa penyebab mesin steam cucian motor semprotan kecil dan cara mengatasinya.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mesin Cucian Motor Semprotannya Kecil

1. Seal Kit Aus

Seal kit merupakan tumpukan atau lapisan dari beberapa seal yang terletak di dalam ruang pompa mesin steam cucian. Fungsi dari seal kit ini adalah sebagai tempat pergerakan piston pemompa. dan menahan air agar tidak keluar. Namun, jika seal kit telah aus, maka air akan mengalami kebocoran dan mengakibatkan semprotan air yang dihasilkan pun akan menjadi kurang kencang.

Untuk mengatasi masalah seal kit yang telah aus ini, sebaiknya gantilah dengan seal kit yang baru. Karena pada dasarnya, setiap seal memang tidak dapat diperbaiki jika sudah mengalami kerusakan.

2. Piston Pompa Baret

Penyebab dari piston pompa yang menjadi baret ini adalah keterlambatan atau lupa mengisi stempet / grease. Stempet pada mesin steam ini berfungsi sebagai pelumas laju dari piston pemompa. Apabila stempet ini sampai habis, maka piston pemompa pun akan terkikis dan menjadi baret, sehingga kompresi yang dihasilkan oleh piston tersebut pun akan berkurang.

Jika baretan pada piston pemompa tidak terlalu dalam, maka masih bisa diatasi dengan mengamplas piston tersebut sampai menjadi halus kembali. Tetapi jika baretannya telah parah, sebaiknya gantilah piston pemompa tersebut dengan yang baru.

3. Valve Steam Rusak

Valve steam ini fungsinya adalah untuk menahan air yang telah terhisap agar tidak keluar kembali. Masalah yang sering terjadi pada valve steam ini adalah pirnya patah yang mengakibatkan air tidak dapat tertahan dan akan keluar kembali melalui selang hisap.

Untuk mengatasi masalah pir yang patah pada valve ini yaitu mengganti pir tersebut dengan pir yang baru. Namun jika tidak menemukan pir yang sama seperti pada valve steam tersebut, maka gantilah dengan valve steam assy yang baru.

Itulah ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi mesin cucian motor semprotannya kecil. Semoga bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top