Home » Mesin » Bagian-Bagian Mesin Bor Tangan Listrik Dan Fungsinya

Bagian-Bagian Mesin Bor Tangan Listrik Dan Fungsinya

bagian+bagian+mesin+bor+tangan+listrik
Bagian-Bagian Mesin Bor

Bagian-Bagian Mesin Bor Tangan Listrik – Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang apa saja bagian-bagian pada mesin bor tangan listrik beserta masing-masing fungsinya. Penasaran dengan apa saja yang ada di dalam mesin bor tangan? Silahkan simak pembahasan berikut ini.

Mesin bor tangan merupakan jenis mesin bor yang dioperasikan secara manual menggunakan tangan. Alat perkakas ini menggunakan sumber energi listrik untuk mengoperasikannya. Sehingga sering dinamakan dengan mesin bor tangan listrik.

Bagian-bagian mesin bor tangan listrik ini pada dasarnya terbagi menjadi dua komponen utama, yaitu komponen elektrik dan mesin penggerak. Pada kedua komponen tersebut, terdapat beberapa bagian lainnya yang saling pendukung cara kerja mesin bor.

Setiap komponen yang terdapat pada mesin bor tangan listrik memiliki fungsi yang berbeda. Nah, berikut akan dijelaskan apa saja bagian-bagian yang terdapat pada mesin bor tangan listrik dan fungsinya.

Bagian-Bagian Mesin Bor Tangan Listrik Dan Fungsinya

Berikut adalah nama komponen yang terdapat pada mesin bor tangan listrik dan fungsinya masing-masing.

1. Chuck Bor (Kepala Bor)

Chuck bor adalah bagian pada mesin bor tangan yang berada paling ujung sebagai tempat dudukan mata bor. Chuck bor ini berupa rongga seperti mulut yang dapat membuka dan menutup yang di gerakan oleh kunci bor.

2. Roda Gigi Penghubung

Roda gigi penghubung merupakan bagian mesin bor yang berfungsi sebagai penghubung antara bagian elektrik dan kepala bor. Roda gigi penghubung ini akan berputar mengikuti putaran rotor ketika mesin bor tangan dihidupkan.

Baca Juga :  Penyebab Mesin Diesel Keluar Asap Putih

3. Rotor Dan Stator

Rotor dan stator merupakan bagian mesin bor tangan yang berfungsi sebagai mesin penggerak. Rotor adalah bagian yang berputar, sedangkan stator adalah bagian yang diam. Kedua bagian ini akan bekerja sama untuk menghasilkan putaran untuk menjalankan mata bor.

4. Carbon Brush

Carbon brush / spul / brastel / arang adalah sama. Tergantung dari setiap orang yang menamakannya. Yaitu bagian pada mesin bor yang berfungsi sebagai penghantar arus dari stator ke rotor. Setiap carbon brush dan rumahnya pasti dilengkapi dengan adanya spring yang berfungsi sebagai penekan carbon brush agar selalu menempel pada rotor.

5. Saklar Bor

Saklar merupakan alat yang digunakan sebagai pemutus dan penyambung aliran arus listrik. Sedangkan pada mesin bor tangan digunakan untuk menghidupkan dan mematikan mesin bor listrik tersebut. Saklar pada mesin bor tangan biasanya dilengkapi dengan tuas pengatur putaran arah. Dan ada juga yang dilengkapi dengan speed control yang berfungsi untuk mengatur cepat lambatnya putaran mesin bor tangan.

6. Panel Dril

Panel dril pada mesin bor tangan biasanya terletak di bagian atas atau disamping rangka mesin bor.Panel dril ini berfungsi untuk menjalankan fungsi dril. Dril adalah gerakan maju mundur dari kepala bor yang bertujuan untuk memberi tekanan mata bor ketika melakukan proses pengeboran di bidang yang keras, seperti tembok dan beton.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Pompa Air Dan Fungsinya

Demikianlah pembahasan mengenai bagian-bagian mesin bor tangan listrik dan fungsinya. Semoga bisa menambah wawasan yang bermanfaat.

Artikel terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top