Home » Cara Ganti Selang Mesin Potong Rumput

Cara Ganti Selang Mesin Potong Rumput

selang+mesin+potong+rumput
Cara Ganti Selang Mesin Potong Rumput

Cara Ganti Selang Mesin Potong Rumput – Mesin potong rumput yang sudah berumur, biasanya bagian selang bensin akan menjadi keras dan rapuh. Sehingga mengakibatkan bensin menetes dari selang tersebut. Oleh sebab itu, jika selang bensin sudah tidak layak, sebaiknya diganti dengan yang baru untuk menghindari pemborosan bensin.

Selang bensin pada mesin potong rumput berfungsi sebagai jalur aliran bahan bakar menuju karburator. Sebagai komponen yang memiliki peranan penting, maka kondisinya harus diperhatikan. Jangan sampai jika kondisinya sudah kaku dibiarkan begitu saja. Karena selain dapat mengalami kebocoran, selang juga dapat melekuk yang menyebabkan aliran bensin terhambat.

Untuk itu, jika selang sudah tidak berfungsi dengan baik, lakukanlah penggantian. Dan untuk langkah-langkahnya, Anda dapat mengikuti panduan cara ganti selang bensin mesin potong rumput yang akan diuraikan berikut ini.

Cara Mengganti Selang Bensin Mesin Potong Rumput

Sebelum melakukan penggantian, siapkan selang bensin berukuran panjang kurang lebih 40 cm. Kemudian siapkan juga obeng sebagai alat yang digunakan untuk melepas dan memasang selang tersebut. Dan cara mengganti selang bensin pada mesin potong rumput adalah sebagai berikut.

1. Lepaslah selang yang menancap pada karburator terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan melepas klem yang ada pada ujung selang. Jika di dalam tangki masih ada bensin, sumbatlah selang tersebut dengan baut atau obeng.

2. Pasang selang yang baru pada karburator dengan cara menancapkan pada tempatnya, kemudian pasang klemnya pada ujung selang yang tertancap pada karburator.

3. Lepaskan selang yang berada pada tangki bensin dengan membuka klemnya terlebih dahulu. Jika, di dalam tangki masih ada bensin, gunakan jari tangan untuk menutupnya.

4. Masukan ujung selang yang baru pada lubang yang berada pada tangki bensin, kemudian kencangkan klemnya. Selesai.

Ternyata cara ganti selang mesin potong rumput sangat mudah bukan? Usahakan jika akan melakukan penggantian selang, bensin pada tangki dalam keadaan kosong. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top