Home » Cara Menghidupkan Mesin GX 160

Cara Menghidupkan Mesin GX 160

cara+menghidupkan+mesin+gx160
Cara menghidupkan Mesin Gx 160

Cara Menghidupkan Mesin GX 160 – Setiap mesin pasti memiliki cara yang berbeda-beda untuk menghidupkannya. Hal tersebut dikarenakan masing-masing mesin memiliki bagian-bagian dan prinsip kerja yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Sehingga cara menghidupkan dan pengopreasiannya pun memiliki perbedaan. Begitu juga dengan cara menghidupkan mesin GX 160 yang akan dibahas berikut ini.

Mesin GX 160 merupakan tipe mesin penggerak yang menggunakan bahan bakar bensin. Mesin ini banyak digunakan untuk mengoperasikan alat-alat yang membutuhkan sumber penggerak, seperti mesin kompressor, mesin pompa air, mesin ketinting perahu, dan mesin-mesin industri.

Bagi pemula yang hendak menghidupkan mesin GX 160 ini, haruslah mengetahui panduan yang benar, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang mengakibatkan mesin gagal start. Untuk menghidupkan mesin GX 160 ini tidak perlu mengeluarkan tenaga yang berlebihan. Karena sebenarnya hanya perlu sedikit hentakan pada awal menghidupkan mesin tersebut. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti panduan berikut ini tentang cara menghidupkan mesin GX 160 yang benar.

Cara Menghidupkan Mesin GX 160

Sebelum menghidupkan mesin penggerak bensin GX 160 ini, perlu dicek dulu apakah bahan bakar dan oli mesin telah terisi apa belum. Karena, jika mesin penggerak tipe GX 160 ini baru dibeli, biasanya masih kosong tanpa bahan bakar dan oli pelumas. Dan untuk menghidupkannya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini mengenai cara menghidupkan mesin GX 160.

  • Hal yang pertama yang harus dilakukan sebelum menghidupkan mesin GX 160 adalah mengisi oli pelumas mesin. Kapasitas oli pelumas pada mesin GX 160 yaitu 600 ml atau 0,6 liter. Isilah oli mesin dengan cara membuka tutup lubang pengisian yang terletak pada sisi depan mesin. Gunakanlah corong minyak agar lebih mudah dalam proses pengisisan oli mesin.
  • Isilah bensin ke dalam tangki bahan bakar. Tangki bahan bakar mesin ini mampu menampung bensin kurang lebih sekitar 4 liter. Namun, jika hendak melakukan uji coba untuk menghidupkan mesin, kita cukup mengisi bahan bakar bensin sebanyak 1 liter.
  • Setelah melakukan pengisian bensin dan oli mesin, bukalah kran bensin yang berada pada karburator agar bahan bakar yang berada pada tanki bensin mengalir ke dalam karburator.
  • Tutuplah choke karburator dengan menggeser tuas choke ke belakang. Tuas choke ini terletak tepat di atas kran bensin. Dan di atas tuas choke ini biasanya terdapat gambar simbol arah buka/tutup choke. Namun ada beberapa merk mesin yang tanpa harus menutup choke terlebih dahulu untuk menghidupkan mesin tersebut.
  • Setelah itu, tekan tombol saklar ke posisi ON. Saklar pada mesin GX 160 ini terletak di bagian sisi depan mesin tepatnya di bawah tangki bahan bakar.
  • Kemudian peganglah gagang tarikan dan tariklah recoil starter tersebut dengan kuat. Setelah mesin hidup, segeralah buka kembali choke yang telah ditutup sebelumnya.

Begitulah panduan mengenai cara menghidupkan mesin GX 160. Perlu diperhatikan, jangan menghidupkan mesin GX 160 ini tanpa panduan yang benar. Karena dapat mengakibatkan mesin gagal start. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top