Tip & Trik Cara Mengatasi Mesin GX 160 Susah Hidup

Cara Mengatasi Mesin GX 160 Susah Hidup

cara mengatasi mesin gx 160 susah hidup
Cara Mengatasi Mesin GX 160 Susah Hidup
Cara Mengatasi Mesin GX 160 Susah Hidup – Untuk memperbaiki mesin penggerak bensin GX 160 yang susah hidup, sebenarnya bukan masalah yang susah. Yang penting adalah telah mengenal bagian – bagian mesin GX 160 dan mengetahui sistem kerjanya. Dengan begitu, pasti akan mudah mengatasinya.

Penyebab mesin GX 160 susah hidup dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti penggunaan yang kurang benar, kurangnya melakukan servis pada mesin, dan faktor umur mesin penggerak bensin tersebut yang memang sudah lama.

Selain faktor di atas, ada beberapa penyebab lain yang memungkinkan terjadinya masalah mesin GX 160 susah dihidupkan. Yaitu kerusakan beberapa komponen yang ada pada mesin GX 160 itu sendiri. Dan berikut merupakan bagian-bagian mesin GX 160 yang sering mengalami masalah, yang menyebabkan mesin susah dihidupkan dan cara mengatasinya.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mesin Honda GX 160 Susah Hidup

1. Pengapian Lemah

Pengapian merupakan hal penting pada sebuah proses pembakaran. Apabila pengapian lemah, maka mesin tersebut akan susah dihidupkan. Meskipun mesin dapat hidup, akan terdengar bunyi tersendat-sendat.

Penyebab pengapian lemah pada mesin GX 160 yaitu nyala busi yang sudah tidak bagus yang disebabkan oleh jarak kerenggangan CDI dengan roda magnet yang kurang tepat. Atau bisa juga karena CDI yang sudah rusak.

Untuk mengatasi masalah tersebut, periksalah nyala api busi tersebut. Busi yang bagus  memiliki percikan nyala api kecil tetapi tidak putus-putus. Jika mendapati busi yang kurang bagus, sebaiknya gantilah dengan busi yang baru.

Namun, jika busi masih bagus, periksalah jarak kerenggangan CDI dengan roda magnet. Jika jarak tersebut terlalu renggang, maka nyala busi tidak stabil dan terkadang akan hilang. Untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan mengatur jarak kerenggangan CDI tersebut dengan tepat, yaitu sekitar 0,2 mm sampai 0,4 mm.

2. Kompresi Ngempos

Penyebab kompresi ngempos pada mesin GX 160 yaitu adanya kebocoran di dalam ruang bakar. Kebocoran tersebut dapat disebabkan oleh packing head rusak, lubang klep tersumbat kotoran, atau ring piston telah aus.

Untuk mengatasi masalah ini, kita harus mengecek satu per satu dari ketiga bagian tersebut. Yaitu dengan cara membongkar mesin GX 160 tersebut.

Apabila mendapati packing head telah rusak, sebaiknya gantilah dengan yang baru. Dan perlu diperhatikan ketika pemasangan packing head tersebut jangan sampai terbalik.

Jika kompresi ngempos karena klep bocor, hal yang harus dilakukan yaitu bersihkan kotoran di sekitar klep tersebut. Setelah itu, lakukanlah penyekiran klep dengan benar, agar kebocoran klep tersebut dapat diatasi.

3. Karburator Kotor

Penyebab selanjutnya dari mesin GX 160 yang susah hidup yaitu karburator kotor. Kotoran yang masuk ke dalam karburator akan menyumbat saluran angin dan bensin. Sehingga, fungsi karburator tidak bekerja dengan baik yang mengakibatkan mesin susah hidup.

Untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan membongkar dan membersihkan karburator tersebut. Bersihkan seluruh bagian karburator dengan menggunakan bensin. Kemudian semprotlah celah- celah karburator tersebut dengan angin kompresor.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi mesin honda GX 160 susah hidup. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *