Home » Mesin » Mesin Pompa Air Alkon Dan Fungsinya

Mesin Pompa Air Alkon Dan Fungsinya

mesin+pompa+air+alkon
Mesin Pompa Air Alkon

Mesin Pompa Air Alkon – Mesin pompa air alkon adalah sebuah mesin yang digunakan untuk menghisap air dan mengalirkannya ke tempat lain. Mesin ini sering digunakan untuk irigasi sawah atau keperluan air lainnya.

Salah satu brand dari pompa air alkon yang populer merk honda. Mesin pompa air merk honda ini memiliki dua varian jenis, yaitu pompa air 2 inchi dan 3 inchi. Yang membedakan dari kedua jenis mesin pompa air tersebut adalah diameter lubang hisap dan lubang pembuangannya.

Mesin pompa air lakon merk honda ini digerakan oleh mesin bensin bertenaga 5,5 HP (Horse Power) dengan tipe mesin honda GX 160. Namun, ada juga yang menggunakan eletromotor atau mesin diesel solar sebagai mesin penggeraknya.

Mesin Pompa Air Alkon Dan Fungsinya

Pompa air alkon memang sering dimanfaatkan oleh para petani sebagai alat pengairan sawah yang kekeringan. Cara penggunaan mesin pompa air ini sangat mudah dan praktis. Hanya dengan bantuan selang hisap dan selang buang, mesin pompa air dapat mengairi lahan yang luas.

Selang hisap yang digunakan pada mesin pompa air ini adalah jenis selang spiral yang memiliki diameter sesuai dengan lubang hisap pada pompa air. Sedangkan untuk selang buangnya menggunakan jenis selang plastik yang lentur yang mudah diarahkan ke tempat yang akan dituju.

Dengan memanfaatkan sumber air yang tersedia, mesin pompa air ini akan bekerja menghisap air dari sumbernya dan mengalirkannya ke area yang ditujukan.

Baca Juga :  Mesin Pemotong Kayu Dan Bagian-Bagiannya

Selain di bidang pertanian, mesin pompa air ini juga banyak dimanfaatkan di bidang tambak perikanan, pekerjaan proyek untuk menghisap genangan air, serta bidang-bidang lainnya yang berhubungan dengan pengairan.

Mesin pompa air ini juga sering dipakai pada mobil pemadam kebakaran berkapasitas sedang untuk melakukan proses penampungan air di bak mobil pemadam tersebut. Ada juga yang memanfaatkan mesin pompa ini sebagai usaha bisnis, seperti sedot WC dan pemompa solar.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai pompa air alkon dan fungisnya. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top