Home » Servis » Cara Mengganti Mekanikal Seal Pompa Air

Cara Mengganti Mekanikal Seal Pompa Air

cara mengganti mekanikal seal pompa air
Cara Mengganti Mekanikal Seal Pompa Air
Cara Mengganti Mekanikal Seal Pompa Air – Mesin pompa air atau yang sering disebut dengan mesin alkon merupakan sebuah mesin yang berfungsi untuk menghisap air. Pada umumnya, mesin ini memiliki sebuah mesin penggerak berupa mesin bensin. Namun ada juga yang menggunakan mesin berbahan bakar solar sebagai penggerak dari baling – baling pompa airnya.

Kontruksi dari mesin pompa air ini pun memiliki 2 jenis. Yang pertama yaitu mesin penggerak yang menempel atau menyatu langsung dengan tabung pompa airnya. Dan yang kedua yaitu mesin penggerak yang terpisah dari tabung pompa airnya. Untuk yang berjenis terpisah, mesin pompa air ini menggunakan tali kipas ( van belt ) sebagai alat penghubungnya.

Dalam penggunaannya, memang terkadang mesin pompa air alkon ini mengalami permasalahan. Dan masalah yang sering terjadi pada mesin pompa air ini yaitu tidak dapat menghisap air atau menghisap airnya hanya sedikit. Salah satu penyebab dari masalah ini adalah mekanikal seal pada tabung pompa air tersebut mengalami keausan atau kerusakan.

Untuk mengatasi permasalahan pada mesin pompa air yang mengalami kerusakan pada mekanikal seal, kita harus mengganti mekanikal seal yang telah rusak tersebut dengan yang baru. Dan berikut ini merupakan langkah – langkah mengenai cara mengganti mekanikal seal pada mesin pompa air alkon.

Cara Mengganti Mekanikal Seal Pada Pompa Air

1. Lepaslah 4 baut pengunci yang terletak pada setiap sudut tabung pompa air. Lepaskan juga 2 baut yang terletak di bawah / di kaki tabung pompa air. Namun 2 baut tersebut juga biasanya tidak ada, tergantung dari setiap merk mesin pompa airnya.

2. Kemudian lepaskan tabung pompa air tersebut perlahan – lahan, jangan sampai merusak oring pompa air yang terletak melingkar pada tepi tabung pompa air.

3. Setelah itu, lepaskan impeller atau baling – baling pompa. Baling – baling pompa ini memiliki 2 jenis tipe, yaitu tipe drat ( ulir ) dan tipe kones ( spi ). Untuk tipe drat, lepaslah dengan memutar baling – baling tersebut ke arah kiri atau berlawanan dengan putaran jarum jam. Sedangkan untuk tipe kones, lepaslah baut penguncinya terlebih dahulu ke arah kiri. Kemudian tariklah baling – baling tersebut sampai terlepas. Setelah terlepas, ambilah pasangan mekanikal yang akan diganti tersebut yang berada pada baling – baling.

4. Kemudian lepaskan 4 baut pengunci cover tabung pompa. Baut ini biasanya dilengkapi dengan seal. Oleh karena itu, sealnya jangan sampai hilang ketika baut sudah terlepas.

5. Setelah itu, lepaskan mekanikal seal yang akan diganti dengan mendorong dari belakang cover tabung pompa air. Untuk

6. Kemudian pasanglah mekanikal seal yang baru. Hal yang harus diperhatikan saat pemasangan mekanikal seal adalah  permukaan dari sepasang mekanikal tersebut harus benar – benar rata. Karena jika terpasang miring, maka akan terjadi kebocoran pada mekanikal seal tersebut.

7. Setelah mekanikal terpasang dengan benar, pasanglah kembali semua bagian yang terlepas tadi dengan tepat dan benar.

Begitulah cara mengganti mekanikal seal pada mesin pompa air. Semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi yang mesin pompa airnya mengalami kerusakan pada mekanikal seal. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top