Home » Cara Servis Mesin Cuci Sendiri

Cara Servis Mesin Cuci Sendiri

servis+mesin+cuci
Cara Servis Mesin Cuci Sendiri

Cara Servis Mesin Cuci Sendiri – Mesin cuci merupakan perabotan rumah tangga yang sangat penting. Kegunaan alat ini yaitu membantu pekerjaan mencuci baju menjadi lebih mudah. Namun, jika mesin cuci tidak dapat bekerja dengan baik atau mengalami kerusakan, kita perlu tahu cara servis mesin cuci yang paling sederhana, karena siapa tahu dapat memperbaikinya sendiri tanpa memanggil jasa tukang servis.

Dalam melakukan servis mesin cuci yang mengalami masalah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu penyebab kerusakannya. Namun, bagi yang awam tentu saja hal tersebut menjadi suatu kendala utama. Karena untuk mengatasi mesin cuci yang rusak, paling tidak kita harus sedikit mengerti tentang dunia tehnik.

Namun jangan berkecil hati dulu, karena pada artikel ini akan memberi informasi mengenai masalah-masalah umum yang sering terjadi pada mesin cuci. Dan berikut merupakan beberapa contoh permasalahan pada mesin cuci dan langkah-langkah sederhana melakukan servis mesin cuci di rumah sendiri.

Cara Servis Mesin Cuci Sendiri

Ada pun masalah-masalah pada mesin cuci antara lain :

Mesin Cuci Tidak Menyala

Mesin cuci mati atau tidak menyala dapat di sebabkan oleh beberapa faktor. Dan berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengatasinya :

  • Periksa apakah kabel power mesin cuci telah terpasang dengan benar pada stop kontak. Pemasanag yang kurang masuk (kendor) akan mengakibatkan listrik tidak mengalir dengan lancar. Untuk itu, pastikan steker tertancap pada stop kontak dengan kencang.
  • Periksalah ke bagian belakang mesin apakah kondisi kabel ada yang terbakar atau terkelupas. Jika ada kabel yang rusak, lakukanlah penyambungan ulang pada kabel tersebut dan bungkus dengan isolatip.
  • Periksa kran air yang berasal dari sumber air terbuka penuh. Lalu perhatikan kondisi selang, jika selang tertekuk, segeralah untuk diluruskan kembali
  • Periksalah bagian pintu mesin dan pastikan pintu dapat tertutup dengan sempurna. Pada mesin cuci modern, mesin cuci tidak akan menyala jika keadaan pintu tidak tertutup rapat sepenuhnya.
  • Lihatlah buku pedoman penggunaan, jika masih awam dalam pengoperasian mesin cuci. Pastikan mesin cuci telah disetting sesuai program sebelum digunakan.

Terjadi Kebocoran Air

Masalah ini juga sering terjadi pada mesin cuci, dimana air terus mengalir keluar terus-menerus dari lubang pembuangan tanpa henti. Dan langkha-langkah yang perlu dilakukan yaitu :

  • Periksa karet (seal) yang ada pada lubang pembuangan. Karet yang terganjal oleh kotoran, tidak akan dapat menutup dengan rapat. Jika menemukan kotoran atau benda-benda lainnya yang mengganggu karet tersebut, segeralah diambil.
  • Periksa tombol pengeaturan apakah sudah sesuai dengan program pencucian, pembilasan, dan pengeringan.
  • Perhatikan juga karet sekitar bibir pintu tabung mesin cuci. Jika karet sudah longgar atau rusak, maka sebaiknya diganti saja.

Putaran Mesin Cuci Lemah

Jika putaran mesin cuci tiba-tiba menjadi pelan, maka lakukanlah pemeriksaan pada :

  • Periksa muatan kapasitas cucian. Jika beban melebihi kapasitas pada mesin cuci, maka putaran akan menjadi berat dan melambat. Kurangi beberapa jumlah cucian untuk meringankan putaran mesin.
  • Periksa program apakah sudah disetel berdasarkan jenis pakaian. Kesalahan dalam mengatur program dapat mengakibatkan mesin tidak berfungsi secara maksimal.
  • Periksa bagian kapasitor. Namun, jika tidak tahu seperti apa kerusakan pada kapasitor, sebaiknya memanggil jasa servis mesin cuci terdekat untuk mengatasinya.

Mesin Tidak Bekerja Dengan Maksimal

Penjelasan di atas merupakan permasalah umum yang sering terjadi pada mesin cuci. Namun ada langkah-langkah penting lainnya untuk menjaga performa mesin selalu maksimal. Dan langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Membersihkan mesin cuci secara teratur. Hal ini akan menjadikan mesin cuci lebih awet dan terhindar dari berbagai kerusakan yang mungkin terjadi.
  • Menggunaan mesin cuci sesuai buku pedoman yang ada. Kesalahan dalam memilih program dapat mengakibatkan mesin cuci tidak dapat bekerja secara maksimal.
  • Tempatkan mesin cuci pada tempat yang lebih tinggi dari lantai. Hal ini bertujuan agar rangka mesin cuci lebih awet dan terhindar dari korosi.
  • Jauhkan dari tempat yang suak dilalui tikus. Tikus yang masuk ke dalam mesin cuci dapat menggigit kabel mesin dan mengakibatkan mesin rusak.
  • Jika selesai menggunakan mesin cuci, pastikan terlebih dahulu mesin dalam keadaan kering untuk menghindari tumbuhnya jamur dan bakteri pada tabung cucian.

Namun, jika memang mesin cuci mengalami kerusakan parah, sebaiknya langsung saja memanggil jasa servis mesin cuci untuk memperbaiknya. Namun, perlu diingat bahwa anggaran untuk servis mesin cuci juga tidak murah, karena kemungkinan akan dilakukan penggantian pada beberapa spare part yang mengalami kerusakan. Dan merikut merupakan gambaran tentang biaya servis pada mesin cuci :

Daftar Harga Servis Mesin Cuci

Dibawah ini hanya gambaran mengenai biaya servis mesin cuci dan tidak berlaku pada jenis dan tipe masing-masing mesin cuci. Serta pasti berbeda-beda di masing-masing daerah tergantung kebijakan masing-masing teknisi.

Biaya pengecekan mesin cuci = Rp 75.000
Biaya servis ringan (pembersihan, kabel putus, setting pintu dan lainnya) = Rp 150.000
Biaya servis rusak berat (pembongkaran total, ganti komponen, modifikasi mesin) = Rp 250.000

Demikianlah beberpa panduan cara servis mesin cuci yang sederhana yang mungkin dapat dilakukan sendiri. Untuk itu, cobalah untuk lakukanlah pemeriksaan pada mesin cuci jika terjadi masalah. Karena siapa tahu hanya terjadi kerusakan ringan yang masih dapat diperbaiki sendiri. Semoga bermafaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top