Home » Servis » Penyebab Mesin Pompa Alkon Tidak Menghisap Air

Penyebab Mesin Pompa Alkon Tidak Menghisap Air

mesin+pompa+tidak+menghisap+air
Penyebab Mesin Pompa Air Tidak Menghisap Air

Penyebab Mesin Pompa Tidak Menghisap Air – Postingan kali ini akan membahas tentang mesin pompa air yang tidak menghisap air (airnya tidak keluar). Apa saja penyebab hilangnya daya hisap pada mesin pompa air tersebut? Simak penjelasan berikut ini.

Mesin pompa air itu sendiri merupakan mesin yang digunakan untuk menghisap air dan memindahkan air tersebut ke tempat yang berbeda. Mesin pompa air ini juga sering disebut dengan mesin alkon. Pompa air ini sering digunakan di bidang pertanian dan industri, terutama untuk masalah pengairan dan juga pembuangan air yang berlebihan.

Mesin yang berfungsi untuk menghisap air ini memang terkadang mengalami masalah. Dan salah satu masalah yang sering terjadi pada mesin pompa alkon ini adalah hilangnya daya hisap meskipun mesin dalam keadaan hidup. Sehingga tidak dapat digunakan untuk menghisap air. Penyebab mesin pompa yang tidak menghisap air tersebut yaitu adanya beberapa komponen yang telah rusak pada mesin tersebut. Sehingga mengakibatkan air tidak bisa naik ke dalam tabung pompa atau tidak bisa disedot oleh mesin pompa air alkon tersebut.

Penyebab lain dari mesin alkon yang tidak menghisap air yaitu kurangnya pemahaman mengenai cara menggunakan mesin pompa air tersebut. Sehingga kemungkinan adanya kesalahan dalam pemasangan selang, sehingga terdapat kebocoran angin pada jalur selang hisap yang menyebabkan airnya tidak dapat dihisap.

Untuk mengatasi masalah mesin pompa air yang tidak menghisap air, perlu dilakukan pengecekan secara cermat pada beberapa bagian mesin pompa alkon tersebut untuk menemukan penyebabnya. Dan berikut merupakan beberapa bagain yang menjadi penyebab mesin pompa air tidak menghisap air.

Penyebab Mesin Pompa Tidak Menghisap Air

1. Mekanikal Seal Rusak

Mekanikal seal merupakan sepasang seal yang memiliki peranan penting dalam sebuah pompa air. Apabila mekanikal seal ini telah rusak, maka air yang berada tabung pompa akan mengalami kebocoran yang mengakibatkan daya hisap dari pompa tersebut akan berkurang atau hilang. Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu dilakukan pembongkaran pada bagian tabung pompa tersebut dan melepas melepas mekanikal yang telah rusak dan mengganti mekanikal seal yang baru.

2. Baling – Baling Pompa Telah Aus (Pecah)

Baling-baling pompa ini terletak di dalam tabung pompa air. Untuk dapat mengeceknya, kita perlu melepas tabung pompa air tersebut. Jika mendapati baling-baling yang telah aus, kita harus segera menggantinya. Karena jika baling – baling tersebut telah aus, maka daya hisap air juga akan melemah. Untuk melepas baling – baling tersebut kita harus melihat tipenya dahulu. Karena baling-baling tersebut memiliki dua tipe, yaitu kones dan drat.

3. Karet Shock (Seal Selang) Tidak Terpasang

Shock penghubung merupakan bagian yang biasa dilepas dan dipasang saat menghubungkan selang dengan tabung pompa. Di dalam shock penghubung ini terdapat seal atau karet yang harus selalu menempel pada saat pemasangan selang. Karena jika tidak ada karet tersebut, saluran hisap akan mengalami kebocoran dan air tidak akan naik ke dalam tabung pompa. Oleh karena itu, pada saat kita memasang selang hisap, pastikan karet tersebut telah terpasang dengan benar pada shock penghubung tersebut.

Itulah beberapa penyebab mesin pompa tidak menghisap air. Oleh karena itu, jika mengalami masalah pada mesin pompa air yang tidak bisa menghisap, periksalah pada bagian-bagian yang telah diuraikan di atas. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top