Home » Servis » Penyebab Mesin Cuci Tidak Berputar

Penyebab Mesin Cuci Tidak Berputar

penyebab+mesin+cuci+tidak+berputar
Mesin Cuci Tidak Berputar

Penyebab Mesin Cuci Tidak Berputar – Kerusakan pada mesin cuci dapat terjadi kapan saja. Diantara permasalahan yang sering terjadi adalah mesin atau pengering tidak dapat berputar ketika mesin dihidupkan. Lalu, apa penyebab mesin cuci tidak berputar tersebut?

Mesin cuci yang tidak berputar, biasanya hanya mendengung ketika dihidupkan. Atau ditandai dari mesin kadang berputar kadang tidak. Sehingga, kita harus cermat dalam menentukan penyebabnya agar dapat memperbaikinya.

Nah, bagi yang sedang mengalami permasalahan mesin cuci tidak dapat berputar, silahakan simak beberapa faktor yang kemungkinan menjadi penyebabnya. Berikut pembahasannya.

Penyebab Mesin Cuci Tidak Berputar Dan Cara Mengatasinya

1. Kapasitas Pakaian Overload

Penyebab pertama adalah karena overload (kelebihan kapasitas). Ini merupakan masalah yang tergolong ringan. Karena kita dapat mengatasinya dengan cara mengurangi kapasitas pakaian yang berada di dalam tabung mesin cuci.

1. Vanbelt Kendor (Sudah Longgar)

Vanbelt adalah bagian mesin cuci yang berfungsi sebagai penghubung dinamo penggerak dengan as tabung pencuci. Penggunaan mesin cuci dalam jangka panjang, menjadikan vanbelt tersebut kendor atau longgar. Sehingga akan terjadi selip dan menyebabkan tabung cucian tidak mau berputar.

Untuk mengatasi vanbelt yang longgar, caranya menggeser penyetelnya untuk mengencangkannya kembali. Jangan menyetel vanbelt terlalu kencang agar tidak merusak gearbox. Namun, jika tingkat kekenduran vanbelt sudah parah, sebaiknya ganti dengan yang baru.

Baca Juga :  Cara Memasang Saklar Bor Bolak-Balik

2. Saklar Pintu Mesin Cuci Rusak

Pintu mesin cuci tidak hanya berfungsi sebagai penutup, namun juga bertugas sebagai saklar pengaman. Karena terlalu sering dibuka dan ditutup, maka saklar pintu mesin cuci tersebut sangat rentan rusak yang menyebabkan mesin tidak dapat berputar.

Kerusakan saklar pintu ini biasanya ditandai oleh mesin yang kadang berputar dan kadang tidak. Oleh sebab itu, jika mengalami gejala tersebut, periksalah saklar yang berada pada engsel pintu. Jika menemukan adanya saklar yang rusak, sebaiknya ganti dengan yang baru.

3. Kabel Mesin Cuci Terkelupas

Mesin cuci memang sangat rentan dimasuki tikus. Dan biasanya tikus tersebut suka menggigit kabel hingga terkelupas. Kabel yang terkelupas tersebut menyebabkan mesin cuci kadang hidup kadang mati.

Oleh sebab itu, jika mesin tidak berputar, periksalah jalur kabel mulai dari kabel power dan kabel-kabel lainnya yang berada di dalam body mesin. Jika ada kabel yang terkelupas, sambunglah kembali dan bungkus dengan isolatip untuk menghindari korsleting listrik.

4. Stop Kontak Bermasalah

Penyebab lainnya adalah stop kontak (colokan listrik) yang bermasalah. Stop kontak yang bermasalah menyebabkan aliran listrik yang mengalir dari sumber listrik menjadi tidak lancar.

Dalam beberapa kasus yang terjadi, stop kontak tersebut terbakar karena kualitasnya yang kurang bagus. Oleh sebab itu, jika akan memasang stop kontak untuk mesin cuci, gunakanlah stop kontak yang berkualitas bagus.

Baca Juga :  Cara Servis Dan Bongkar Mesin Diesel Kubota

5. Dinamo Mesin Cuci Rusak

Kerusakan dinamo yang menyebabkan sebuah mesin tidak berputar dapat diklarifikasikan menjadi dua, yaitu kerusakan tahap ringan dan kerusakan parah.

Kerusakan ringan pada dinamo penggerak dapat ditandai dari mesin cuci hanya mendengung ketika dihidupkan. Penyebab masalah ini adalah kapasitor sudah tidak berfungsi. Sehingga perlu melakukan penggantian pada kapasitor tersebut.

Sedangkan kerusakan parah pada dinamo mesin cuci adalah kumparan terbakar. Penyebab kumparan terbakar tersebut biasanya karena kemasukan air atau adanya kotoran yang masuk ke dalam dinamo. Jika dinamo mesin cuci terbakar, maka kita harus mengganti dinamo tersebut dengan yang baru.

Itulah beberapa penyebab mesin cuci tidak berputar dan cara memperbaikinya. Jika anda mengalaminya, periksalah pada bagian-bagian yang telah disebutkan tadi. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top