Home » Servis » Cara Memperbaiki Jet Cleaner Rusak

Cara Memperbaiki Jet Cleaner Rusak

cara memperbaiki jet cleaner rusak
Cara Memperbaiki Jet Cleaner Rusak
Cara Memperbaiki Jet Cleaner Rusak – Jet cleaner adalah mesin sprayer cucian otomatis yang menggunakan energi listrik. Fungsi alat ini yaitu untuk mencuci kendaraan. Sehingga, banyak pengusaha jasa cucian motor dan mobil yang menggunakan mesin jet cleaner.

Dengan berjalannya waktu, sebuah mesin pasti akan mengalami kerusakan. Seperti halnya pada mesin jet cleaner, jika digunakan dalam waktu yang lama, tidak menutup kemungkinan akan mengalami kerusakan. Lalu, apa saja jenis kerusakan pada mesin jet cleaner tersebut? Simak uraian berikut ini tentang cara memperbaiki jet cleaner rusak.

Cara Memperbaiki Jet Cleaner Rusak

Ada beberapa kasus kerusakan yang sering terjadi pada mesin jet cleaner. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Jet Cleaner Kurang Kencang

Kerusakan yang paling sering terjadi pada mesin jet cleaner adalah semprotan airnya kurang kencang. Sehingga, dalam melakukan pencucian kendaraan menjadi kurang maksimal dan kotoran pun tidak dapat disemprot sampai hilang.

Penyebab dari mesin jet cleaner kurang kencang ini adalah seal jet pompa jet cleaner telah aus. Sehingga, tekanan yang dihasilkan oleh piston pemompa lemah yang mengakibatkan semprotan air menjadi kurang kencang.

Untuk mengatasi permasalahan ini yaitu dengan mengganti seal jet cleaner yang baru. Jumlah seal jet cleaner ini ada tiga yang memiliki bentuk yang sama.

2. Otomatis Jet Cleaner Rusak

Mesin jet cleaner dilengkapi dengan sistem otomatis. Namun, banyak dijumpai otkmatis tersebut tidak berfungsi dengan baik. Gejala otomatis jet cleaner yang rusak ini ditandai oleh bunyi mesin yang tersendat-sendat.

Untuk mengatasi permasalahan ini, kita tidak perlu mengganti otomatisnya. Namun, cukup membersihkan nozzle yang terletak pada saluran keluar mesin jet cleaner. Karena, biasanya terjadi penyumbatan pada bagian nozzle tersebut.

3. Mesin Jet Cleaner Berbunyi Kasar

Pemakaian jet cleaner dalam waktu yang lama, biasanya timbul bunyi yang kasar pada mesin jet cleaner. Hal ini biasanya laher yang terdapat pada bagian noken as kering. Dan penyebabnya adalah oli mesin jet cleaner berkurang/ habis.

Untuk mengatasi masalah ini, tambahkan oli mesin jet cleaner tersebut. Jenis oli untuk mesin jet cleaner ini adalah SAE-40 (oli motor). Namun, jika oli mesin sudah terlalu kental dan hitam  pekat, sebaiknya gantilah seluruh oli mesin jet cleaner tersebut agar performa mesin menjadi lebih maksimal.

4. Jet Clenar Mati Total

Jet cleaner mati total biasanya disebakan oleh adanya jalur kabel yang terputus. Sehingga, untuk mengatasi permasalahan ini yaitu dengan mengecek seluruh rangkaian kabel yang terdapat pada mesin jet cleaner.

Jika menemukan jalur kabel yang putus, misalnya kabel power atau saklar, maka gantilah bagian yang mati tersebut dengan yang baru. Namun, jika menemukan kabel yang putus karena terkelupas, kita dapat menyambung kabel tersebut dan membungkusnya dengan isolatip.

5. Mesin Jet Cleaner Mendengung Tidak Nyala

Dalam kasus lain, masalah yang terjadi pada jet cleaner yaitu mesin hanya mendengung tetapi tidak mau nyala. Penyebab dari masalah ini adalah kapsitor jet cleaner telah lemah. Sehingga tidak kuat mengangkat putaran dinamo pada saat start.

Untuk mengatasi masalah ini, kita harus mengganti kapasitor jet cleaner tersebut dengan yang baru. Tetapi perlu diperhatikan dalam mengganti kapasitor haruslah memiliki ukuran kapasitas yang sama dengan kapasitor yang akan diganti.

Demikianlah uraian mengenai cara memperbaiki jet cleaner yang rusak. Semoga bermanfaat. 

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top