Tip & Trik Cara Membuka Baut Dan Mur Yang Susah Dilepas

Cara Membuka Baut Dan Mur Yang Susah Dilepas

cara membuka baut dan mur yang susah dilepas
Cara Membuka Baut Dan Mur Yang Susah Dilepas
Cara Membuka Baut Dan Mur Yang Susah Dilepas – Terkadang cara membuka baut atu mur yang susah dilepas pada mesin memang kerap terjadi. Karena mesin pasti menggunakan baut dan mur sebagai pelekat atau pengunci dari bagian – bagiannya. Baut dan mur tersebut memiliki variasi bentuk yang sangat beragam. Mulai dari bentuk yang sederhana, unik, sampai bentuk yang rumit.

Contoh dari bentuk baut yang memiliki bentuk sederhana yaitu baut dengan kepala segi enam, baut dengan kepala obeng plus ( + ), dan baut yang memiliki kepala obeng min ( – ). Sedangkan untuk bentuk baut yang berbentuk rumit, yaitu baut yang memiliki kepala kunci L, kunci bintang, dan obeng segitiga. Namun untuk bentuk mur biasanya sangat umum, yaitu berbentuk segi enam.

Sebuah mesin yang jarang digunakan atau jarang diservis ( bongkar pasang ), kondisi baut dan mur tersebut biasanya akan mengalami korosi dan menyatu dengan bagian yang melekat tersebut. Sehingga menjadikan baut atau mur tersebut akan sudah untuk dilepas.

Untuk membuka baut atau mur yang susah dilepas, terkadang membuat kita putus asa dan pada akhirnya baut atau mur tersebut rusak dan patah. Jika mengalami hal seperti itu, alangkah baiknya mencoba langkah – langkah berikut ini mengenai cara membuka baut dan mur yang susah dilepas.

Cara Mudah Membuka Baut Dan Mur Yang Susah Dilepas

1. Menggunakan Cairan WD-40

Jika menemui masalah baut atau mur yang susah dilepas, sebaiknya kita menyemprotkan cairan WD-40 ke baut atau mur yang susah dilepas tersebut, setelah cairannya meresap, ketuk perlahan – lahan baut atau mur dengan palu. Setelah itu cobalah untuk melepas baut atau mur tersebut dengan cara dihentakkan.

2. Menggunakan Fire Torch / Pemanas

Cara yang kedua apabila mendapati baut atau mur yang susah dibuka yaitu dengan menggunakan fire torch / pemanas. Namun kita harus berhati – hati ketika menggunakan  fire torch ini. Dan sebaiknya singkirkan terlebih dahulu bahan – bahan yang mudah terbakar seperti bensin dan cairan lainnya.

Penggunaan fire torch ini sangat mudah, kita cukup memanaskan baut atau mur yang akan kita lepaskan. Setelah terlihat nyala merah pada baut atau mur tersebut, hentikan pemanasan dan teteskan oli ke baut atau mur yang telah dipanaskan tadi. Setelah itu barulah kita coba membuka baut atau mur tersebut.

3. Menggunakan Baji

Baji merupakan besi baja yang memiliki tingkat kepadatan yang tinggi dan memiliki bidang miring pada salah satu ujungnya. Kita bisa menggunakan baji ini untuk melepas baut atau mur yang susah dilepas. Namun, cara ini akan membuat baut atau mur tersebut menjadi sedikit rusak.

Caranya yaitu dengan menempelkan bidang mirirng baji tersebut pada baut atau mur yang akan kita buka. Setelah itu, pukullah baji tersebut sesuai dengan arah putaran baut atau mur tersebut. Jangan sampai kita memukul ke arah yang salah karena malah akan menjadikan baut atau mur tersebut semakin susah dilepas.

4. Menggunakan Mesin Gerinda

Jika semua cara di atas tidak juga membuahkan hasil, maka cara yang terakhir yaitu dengan menggunakan mesin gerinda tangan. Yaitu dengan cara memotong kepala baut tersebut atau membelah mur yang susah dilepas. Namun jika kepala baut yang dipotong, kita harus membuat lubang yang baru dengan menggunakan tap baut yang sesuai dengan ukuran drat ( ulir ) baut yang telah dipotong tadi.

Begitulah cara melepas baut atau mur yang susah dibuka. Silahkan mencoba cara – cara di atas jika mendapati baut dan mur yang susah dilepas. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *