Home » Cara Membongkar Mesin Gerinda Tangan

Cara Membongkar Mesin Gerinda Tangan

cara+membongkar+mesin+gerinda
Cara Membongkar Mesin Gerinda Tangan

Cara Membongkar Mesin Gerinda Tangan – Ketika memperbaiki mesin gerinda tangan yang rusak, ada kalanya kita harus membongkar beberapa bagian untuk mencari penyebab permasalahan. Misalnya jika mesin gerinda macet, maka kita harus melepas bagian dalamnya untuk mengecek komponen yang bermasalah.

Dalam melakukan pembongkaran, tentunya harus memperhatikan bagian mana yang harus dibuka terlebih dahulu agar tidak merusak bagian yang lainnya. Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan mengulas bagaimana cara membongkar mesin gerinda tangan yang benar. Silahkan disimak ya.

Cara Membongkar Bagian – Bagian Mesin Gerinda Tangan

Untuk membongkar mesin gerinda, caranya sangat mudah. Namun, kita perlu menyiapkan alat yang diperlukan, seperti obeng min, obeng plus, tracker bearing, dan palu. Dan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Melepas Carbon Brush

Letak carbon brush pada mesin gerinda ada yang di luar dan ada yang di dalam. Jika posisinya di luar, kita dapat membuka langsung tutup rumah carbon brush dengan menggunakan obeng min. Kemudian ambil carbon brush dari tempatnya. Namun, jika susah dikeluarkan, gunakan ujung obeng untuk menculiknya.

Jika letak carbon brush di dalam, maka kita harus melepas cover belakang mesin terlebih dahulu dengan melepas bautnya dengan menggunakan obeng plus. Jika sudah terlepas, congkel pengaitnya dan geser spring penekannya, lalu ambil carbon brush dari rumahnya.

2. Melepas Armature

Membongkar armature biasanya dilakukan untuk mengganti laher gerinda yang rusak. Cara yaitu dengan melepas empat baut yang berada di kepala mesin, kemudian lepaskan/pisahkan kepala mesin dari badan mesin. Setelah itu, tarik armature dari kepala mesin.

Perlu diketahui untuk membongkar armature gerinda, kita harus melepas carbon brush. Karena jika tidak dilepas, maka carbon brush akan patah ketika melepas armature.

3. Membuka Ruang Stempet

Ruang stempet merupakan tempat/rumah roda gigi penghubung. Dimana roda gigi tersebut harus dilumasi stempet secara teratur agar awet dan tidak berbunyi kasar.

Untuk membuka ruang stempet tersebut yaitu dengan cara melepas empat buah baut yang ada di kepala baut. Setelah baut terbuka, lepaskan dudukan mata gerinda tersebut dengan cara menariknya atau mencongkelnya jika susah.

4. Melepas Laher Gerinda

Pada mesin gerinda tangan, ada tiga buah laher. Dua buah menempel pada armature dan satunya lagi berada di tempat dudukan mata gerinda.

Untuk melepas laher yang menempel pada armature, kita perlu menggunakan alat bernama tracker bearing. Sedangkan untuk melepas laher yang berada di dudukan mata gerinda, kita harus melepas roda giginya terlebih dahulu, kemudian barulah bisa mengeluarkan laher dari rumahnya debga cara diketok dengan palu.

Demikianlah pembahasan mengenai cara membongkar mesin gerinda tangan. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top