Home » Info Baru » Macam – Macam Baut Dan Fungsinya

Macam – Macam Baut Dan Fungsinya

macam+macam+baut
Macam – Macam Baut

Macam – Macam Baut Dan Fungsinya – Baut adalah pengikat antara dua benda yang bersifat sementara. Karena sambungan yang menggunakan baut tersebut dapat dilepas kapan saja tanpa harus merusak benda tersebut. Namun, tahukah anda jika baut ternyata memiliki bermacam-macam jenis dan fungsi yang berbeda-beda?

Jenis-jenis nama baut dapat dilihat dari bentuk dari kepalanya. Sedangkan untuk menentukan ukurannya, dapat dilihat berdasarkan diameter batang ulir, panjang batang, dan jenis ulirnya.

Baut ini sering digunakan sebagai penghubung antar bagian pada komponen otomotif. Hampir seluruh bagian yang ada pada kendaraan, menggunakan bermacam-macam jenis bentuk baut sebagai dengan ukuran yang berbeda sebagai pengikatnya antar komponennya.

Pada umumnya, jenis baut yang sering digunakan adalah baut ulir kanan. Yaitu baut yang cara pemasangannya dengan memutar ke kanan. Namun, ada juga baut ulir kiri yang untuk mengencangkannya dengan memutar ke arah kiri. Untuk mengenal lebih jelas mengenai nama-nama baut, berikut akan dibahas tentang macam-macam baut lengkap beserta gambar dan fungsinya masing-masing.

Macam – Macam Baut Dan Fungsinya

1. Baut Segienam (Hexagonal Bolt)

macam+macam+baut
Baut Segienam

Baut hexagonal merupakan baut yang paling sering digunakan. Jenis baut ini memiliki bentuk kepala berbentuk segi enam. Biasa memiliki pasangan mur yang berukuran sama dengan kepala bautnya.
Baut ini banyak dipakai di dunia otomotif dan bangunan.

Baca Juga :  Ciri - Ciri Plunger Mesin Diesel Rusak

2. Baut Flange (Flange Bolt)

macam+macam+baut
Baut Flange

Baut flane merupakan jenis baut yang memiliki washer di bagian kepalanya. Baut flange ini ini biasanya digunakan untuk mengikat dua benda yang memiliki permukaan rata. Dengan adanya washer di kepala baut tersebut menjadikan bagian benda yang dihubungkan dengan baut ini tidak mudah rusak.

3. Baut Tanam (Stud Bolt)

macam+macam+baut
Baut Tanam

Baut tanam adalah jenis baut yang tidak memiliki kepala baut. Kedua ujungnya berupa batang ulir. Penggunaan baut tanam ini biasanya dipakai pada baut silinder head motor dan knalpot.

Dimana salah satu ujungnya tertanam pada blok mesin. Yang kemudian pada salah satu ujungnya untuk mengunci komponen yang telah terpasang pada baut tanam tersebut.

4. Baut Kepala Segiempat (Square Bolt)

macam+macam+baut
Baut Kepala Segiempat

Jenis baut selanjutnya yaitu baut dengan kepala segiempat. Kegunaan baut segiempat ini digunakan pada permukaan benda yang memiliki alur lubang. Baut segiempat ini bahyak digunakan pada pemasangan aki motor.

5. Baut L (Shock Bolt)

macam+macam+baut
Baut L

Baut L adalah baut yang memiliki kepala bulat dan memiliki lubang di tengahnya. Lubang tersebut berbentuk segienam atau bintang. Dinamakan baut L karena untuk memutarnya harus menggunakan kunci L dan tisak bisa menggunakan kunci lain.

Baca Juga :  Cara Memilih Pompa Air Yang Tepat Sesuai Kebutuhan

6. Baut Mata (Eye Bolt)

macam+macam+baut
Eye Bolt

Baut mata merupakan baut yang memiliki kepala berbentuk batang lingkaran. Baut ini biasanya digunakan sebagai cantelan pada mesin yang dapat dipindah-pindahkan. Atau sering digunakan untuk merekatkan dua benda yang tidak terlalu kencang. Karena baut mata ini dapat diputar dengan tangan tanpa harus menggunakan kunci.

7. Baut U (U-Bolt)

macam+macam+baut
Baut U

Sesuai dengan namanya, baut U adalah baut yang menyerupai huruf U. Baut ini juga tidak memiliki kepala seperti baut stud. Kedua ujungnya hanya berupa ulir. Baut U ini biasanya digunakan untuk mengikat dua benda tanpa harus melubangi bendanya.

8. Baut Jamur (Carriage Bolt)

macam+macam+baut
Baut Jamur

Baut jamur merupakan jenis baut yang bentuk kepalanya mirip seperti jamur. Baut ini biasanya digunakan khusus untuk mengikat dua benda yang memiliki berada di tempat yang sempit. Dengan memiliki bentuk kepala yang cenderung pipih, baut jamur ini dapat terpasang di area yang sempit.

9. Baut Bergerigi (Point Head Bolt)

macam+macam+baut
Baut Bergerigi

Baut bergerigi merupakan jenis baut yang bentuk kepalanya berupa lingkaran yang terbagi menjadi 12 sudut (seperti bentuk kunci ring). Baut ini biasanya digunakan untuk mengikat benda yang membutuhkan perekatan yang kuat.

Itulah beberapa nama macam-macam jenis baut beserta gambar dan penjelasan masing-masing fungsinnya. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top