Home » Cara Memasang Coil Mesin Potong Rumput

Cara Memasang Coil Mesin Potong Rumput

coil+mesin+potong+rumput
Cara Memasang Coil Mesin Potong Rumput

Cara Memasang Coil Mesin Potong Rumput – Coil atau CDI pada mesin potong rumput merupakan komponen yang memiliki peranan penting dalam sistem pengapian. Namun, terkadang bagian tersebut mengalami kerusakan dan harus diganti. Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan menguraikan tentang cara memasang coil pada mesin potong rumput.

Permasalahan pada coil ini biasanya disebabkan oleh penggunaan mesin yang sudah lama. Kasus yang sering terjadi adalah coil mati yang mengakibatkan busi tidak menyala meskipun telah mencoba mengganti busi dengan yang baru. Sehingga, jika coil mati maka mesin potong rumput pun tidak bisa dinyalakan.

Jika mengalami masalah pada pengapian mesin potong rumput, maka komponen coil wajib diperiksa. Caranya yaitu melepas cup busi, kemudian dekatkan kabel busi tersebut ke bodi mesin yang terbuat dari logam. Jika kita menarik starter dan tidak ada percikan listrik, maka sudah dipastikan jika masalahnya ada pada coil. Dan untuk mengganti dan memasang coil pada mesin potong rumput, silahkan ikuti panduan berikut ini.

Cara Memasang Coil Mesin Potong Rumput

Setelah memastikan coil tidak berfungsi (mati), maka kita harus menggantinya dengan yang baru. Dan untuk melakukan penggantian pun caranya sangat mudah, cukup sediakan coil yang baru dan obeng, kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Bukalah terlebih dahulu cover mesin (tutup mesin) dengan membuka seluruh baut penguncinya menggunakan obeng.

2. Setelah melepas cover, cabutlah cup busi dan lepaskan juga kabel massa.

3. Kemudian lepaskan rumah kampas kopling dengan membuka 4 buah baut penguncinya.

4. Setelah itu, lepaskan dua buah baut pengunci coil yang berada pada rumah kampas, kemudian ambil coil dari dudukannya.

5. Pasang coil secara seimbang (mengikuti dudukannya), atau kita bisa mengacu tepat dengan posisi awalnya, kemudian pasang baut penguncinya dan kencangkan.

6. Pasang kembali rumah kampas pada posisi semula dan kencangkan dengan baut penguncinya.

7. Tancapkan kembali kabel cup busi pada busi dan pasang juga kabel massa-nya.

8. Setelah itu, pasang cover mesin dan kencangkan dengan baut penguncinya. Selesai.

Mudah sekali bukan? Begitulah langkah-langkah cara memasang coil mesin potong rumput. Sebelum mencoba menghidupkan mesin, pastikan terlebih dahulu busi telah menyala dengan baik. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top