Home » Servis » Cara Mengganti Saklar Mesin Bor

Cara Mengganti Saklar Mesin Bor

cara+mengganti+saklar+mesin+bor
Cara Mengganti Saklar Mesin Bor

Cara Mengganti Saklar Mesin Bor – Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada mesin bor adalah tombol saklar mengalami kerusakan. Kerusakan saklar biasanya ditandai oleh mesin bor tidak dapat dihidupkan. Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang cara mengganti saklar pada mesin bor.

Pada dasarnya, saklar adalah alat penyambung dan pemutus arus listrik. Oleh karena itu, alat ini memiliki pengaruh yang sangat penting pada mesin bor listrik. Selain itu, dengan adanya tombol saklar, sangat memudahkan kita dalam mengidupkan atau mematikan mesin bor.

Jika saklar pada mesin bor tidak berfungsi, maka untuk mengatasinya yaitu dengan mengganti saklar yang rusak dengan saklar yang baru. Karena saklar pada mesin bor listrik, umumnya merupakan rangkaian yang dibuat tertutup permanen.

Sebelum mengganti saklar mesin bor yang telah rusak, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa saja bagian-bagian mesin bor tangan listrik. Selain itu, jika akan mengganti saklar mesin bor, pastikan saklar pengganti dalam kondisi normal dan memiliki bentuk yang sama dengan saklar yang akan diganti.

Cara Mengganti Saklar Mesin Bor

Berikut merupakan langkah-langkah mengganti saklar pada mesin bor:

1. Bukalah baut pengunci kerangka mesin bor tangan dengan menggunakan obeng atau kunci bintang (tergantung dari jenis kepala bautnya).

2. Kemudian bukalah kerangka mesin bor listrik tersebut secara perlahan – lahan. Jika susah untuk dibuka, kita bisa menggunakan ujung obeng min (−) untuk mencukilnya tanpa merusak kerangka mesin bor tersebut.

Baca Juga :  Servis Karburator Mesin Honda GX 160

3. Setelah itu, ambilah saklar yang akan diganti dan lepaskan semua kabel yang melekat pada saklar tersebut sambil memperhatikan saluran kabelnya agar tidak salah dalam pemasangannya.

4. Pasanglah kabel yang terlepas tadi pada saklar yang baru. Dan pastikan terpasang dengan benar sesuai dengan posisi sebelum dilepaskan tadi.

5. Tempatkan saklar yang telah terkait kabel tersebut pada tempatnya. Dan rapihkanlah kabel – kabel yang lain agar tidak terjepit pada saat memasang kerangka mesin bor.

6. Tutupkan atau pasang kembali kerangka mesin bor dengan benar. Kemudian kencangkan dengan baut penguncinya. Selesai.

Sebelum mencoba untuk menghidupkan mesin bor listrik yang telah diganti saklarnya tersebut, sebaiknya lakukanlah pengecekan terlebih dahulu dengan menggunakan multitester. Jika sudah benar, barulah kita menancapkan kabel power ke sumber listrik dan mencoba menghidupkannya.

Demikianlah informasi mengenai langkah-langkah mengganti saklar pada mesin bor. Semoga membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Artikel Terkait :

2 thoughts on “Cara Mengganti Saklar Mesin Bor”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top