Home » Servis » Cara Mengganti Seal Pompa Air

Cara Mengganti Seal Pompa Air

cara+mengganti+seal+pompa+air
Cara Mengganti Seal Pompa Air

Cara Mengganti Seal Pompa Air – Mengganti seal pompa air yang mengalamai kerusakan merupakan hal wajib yang harus dilakukan. Karena, seal pompa air merupakan komponen penting yang ada di dalam mesin pompa air.

Gejala seal pompa air yang mengalami kerusakan, dapat ditandai dari air yang tidak naik ketika mesin pompa air dinyalakan. Selain itu, akan terlihat tetesan air pada celah-celah antara bagian dinamo dan tabung pompa air.

Jika muncul permasalahan seperti di atas, maka sudah dapat dipastikan bahwa seal pompa air mengalami kerusakan dan harus diganti dengan yang baru. Dalam mengganti seal pompa air, kita harus mengetahui bagaimana cara yang benar. Agar tidak terjadi kesalahan dalam memasang seal pompa air tersebut. Untuk itu, silahkan simak uraian berikut ini mengenai cara mengganti seal pada mesin pompa air.

Cara Mengganti Seal Pompa Air

Dalam mengganti seal pompa air, tentu saja kita harus membongkar beberapa komponen mesin pompa air. Oleh karena itu, sebelum melakukan pembongkaran, pastikan telah mengenal bagian-bagian mesin pompa air dan cara kerjanya. Agar tidak lupa ketika melakukan pemasangan ulang. Dan langkah-langkah mengganti seal pompa air yaitu :

1. Bukalah tutup cover pompa air dengan melepas baut penguncinya. Kemudian tarik tutup tersebut secara perlahan agar karet o-ring tidak rusak. Jika susah dibuka, bisa dicongkel dengan bantuan obeng.

2. Setelah tutup cover terlepas, lepaskan impeller dengan menggunakan tracker bearing. Jika impeller sudah terlepas, ambil spi impeller yang terletak di as(poros) mesin.

3. Kemudian lepaskan snap ring (jika ada). Setelah itu, ambil seal pompa air yang rusak dengan obeng. Untuk seal yang bagian dalam, dapat dicongkel dengan ujung obeng

4. Setelah seal terlepas, bersihkan tempat seal tersebut sampai kotorannya hilang.

5. Pastikan seal yang akan dipasang, ukuran dan jenisnya sama dengan yang rusak.

6. Pasanglah seal bagian dalam terlebih dahulu. Jika susah, dapat mengoleskan oli pada tepi seal tersebut untuk mempermudah pemasangannya.

7. Kemudian, pasanglah seal pompa air dengan benar. Perhatikan posisi seal jangan sampai terbalik.

8. Pasanglah kembali snap ringnya (jika ada). Kemudian, pasang juga spi impeller.

9. Pasanglah impeller dengan posisi seperti semula dan jangan sampai terbalik.

10. Pasang kembali tutup cover pompa air dan kencangkan baut penguncinya. Pastikan juga o-ring tutup cover tidak tertinggal. Selesai.

Mudah bukan? Begitulah panduan mengenai cara mengganti seal pompa air. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top