Home » Tip & Trik » Cara Menyetel Klep Mesin Diesel

Cara Menyetel Klep Mesin Diesel

cara+menyetel+klep
Cara Menyetel Klep Mesin Diesel

Cara Menyetel Klep Mesin Diesel – Postingan kali ini akan membahas tentang cara menyetel klep pada mesin diesel merk dongfeng. Bagi yang ingin tahu bagaimana cara menyetel klep mesin diesel, silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Mesin diesel dongfeng merupakan merk mesin diesel buatan china. Mesin diesel ini memiliki satu block silinder. Sehingga hanya terdapat dua buah klep pada silinder headnya, yaitu klep in dan klep ex. Dan dengan sepasang klep itulah proses pembakaran dapat berjalan dengan sempurna.

Sebagai komponen yang selalu berhadapan dengan suhu panas dan tekanan kompresi yang tinggi, tidak menutup kemungkinan jika klep ini mengalami aus yang menyebabkan jarak celah klep tersebut melebar. Akibat dari hal tersebut, mesin diesel menjadi kurang bertenaga dan berbunyi ngitik.

Jika celah klep telah melebar, maka perlu dilakukan penyetelan klep tersebut agar performa mesin diesel menjadi normal kembali. Dan berikut merupakan langkah-langkah dalam menyetel klep mesin diesel dongfeng.

Cara Menyetel Klep Mesin Diesel

Sebelum melakukan setel klep pada mesin diesel, hal pertama yang harus dipahami yaitu mengetahui posisi top mesin diesel. Karena, jika mesin diesel tidak berada di posisi top, maka penyetelan jarak celah klep tidak bisa dilakukan.

Untuk mengetahui titik top mesin diesel, dapat melihat tanda 0 yang ada pada roda gendeng berada diatas. Atau dengan melihat posisi piston tepat berada pada TMA (Titik Mati Atas). Dan setelah menemukan posisi top, barulah melakukan penyetelan dengan panduan berikut ini :

1. Lepaskan cover bonet, dengan cara melepas mur penguncinya terlebih dahulu, kemudian tarik cover bonet tersebut tanpa merusak packing bonetnya.

2. Gunakan kunci pas nomer 13mm untuk mengendurkan baut kontra penyetel klep. Kemudian lakukanlah penyetelan klep dengan obeng min (-) dan menggunakan fuller gauge untuk mengatur jarak kerenggangan antara klep dengan rocker arm.

3. Aturlah jarak kerenggangan tersebut dengan ukuran antara 0,25mm sampai 0,30 mm.

4. Setelah jarak tepat pada ukuran, kencangkan kembali mur pengunci setelan.

5. Setelah itu, tutup kembbali cover bonetnya dan kencangkan dengan baut penguncinya. Selesai.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menyetel klep pada mesin diesel dongfeng. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top