Home » Cara Melepas Impeller Pompa Air Shimizu

Cara Melepas Impeller Pompa Air Shimizu

cara+melepas+impeller+pompa+air+shimizu
Cara Melepas Impeller Pompa Air Shimizu

Cara Melepas Impeller Pompa Air Shimizu – Ada banyak sekali produk mesin pompa air yang dapat kita ditemukan di pasaran, mulai dari Shimizu, Sanyo, National, Panasonic, Wasser dan masih banyak lagi yang lainnya. Meskipun berbeda merk, namun semua pompa air tersebut memiliki prinsip kerja yang sama, yaitu memanfaatkan putaran impeller untuk menghisap air.

Mesin pompa air merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menghisap air dari tempat rendah menuju ke permukaan yang lebih tinggi. Namun, penggunaan pompa air yang cukup lama, biasanya sirip-sirip impeller tersebut mengalami aus yang mengakibatkan daya tekanan pompa menurun, Sehingga, mesin pompa air pun tidak dapat berfungsi dengan baik.

Karena merupakan komponen yang sangat memiliki tugas penting pada mesin pompa air, maka pada kesempatan kali ini akan membahas tentang cara melepas atau membuka impeller pompa air ketika impeller tersebut mengalami kerusakan. Khususnya pompa air merk shimizu yang memang sudah populer di kalangan umum.

Cara Melepas Impeller Pompa Air Shimizu

Untuk melakukan penggantian pada impeller yang rusak, tentu saja kita harus melepas terlebih dahulu impeller tersebut dari dudukannya sebelum memasangnya dengan yang baru. Dan berikut merupakan langkah-langkah yang dapat diterapkan dalam melepas impeller mesin pompa air merk shimizu.

1. Persiapkan terlebih dahulu perlatan yang digunakan untuk membongkar mesin pompa air, seperti kunci ring atau 10 mm, treker bearing, obeng, dan palu.

2. Mulailah dengan membuka tutup cover impeller pompa air, yaitu dengan melepas baut penguncinya menggunakan kunci ring 10 mm. Jika cover tersebut susah dilepas, bisa dibantu dengan mecongkelnya dengan ujung obeng. Dan usahakan o-ring cover (karet) tidak rusak.

3. Lepaskan impeller menggunakan treker bearing, caranya yaitu dengan merapatkan rahang treker pada ujung impeller, kemudian putar drat treker bearing secara perlahan-lahan.

4. Jika sudah terlepas, pasanglah impeller yang baru. Caranya yaitu dengan mengetuk dengan palu secara perlahan hingga posisinya tepat dengan posisi semula. Pastikan juga posisi impeller tersebut tidak terbalik.

5. Pasang kembali cover impeller dan kencangkan baut penguncinya. Jika karetnya rusak, silahkan sekalian diganti dengan yang baru. Atau bisa juga di lem dengan auto sealer.

Demikianlah pembahasan mengenai cara melepas impeller pompa air shimizu. Namun, cara ini juga berlaku untuk semua merk mesin pompa air, karena langkah-langkah yang diuraikan di atas merupakan panduan umum tentang cara melepas impeller. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top