Info Baru Cara Memilih Pompa Air

Cara Memilih Pompa Air

cara+memilih+pompa+air
Cara Memilih Pompa Air

Cara Memilih Pompa Air – Sebelum membeli mesin pompa air untuk keperluan rumah tangga, penting bagi kita untuk mengetahui spesifikasi mesin secara detail agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih pompa air yang sesuai dengan keinginan kita. Jangan sampai setelah membelinya, mesin pompa tidak bisa digunakan karena alasan spesifikasi yang tidak cocok di pasang di rumah.

Selain itu, kita juga harus memperhatikan lokasi tempat tinggal berada. Apakah dekat dengan sumber air atau tidak. Jika berada di pegunugan atau jauh dari sumber air, maka pilihlah jenis mesin pompa air yang memiliki daya dorong tinggi. Seperti jenis mesin pompa jet pump yang memiliki daya hisap dan daya dorong yang kuat.

Jika terjadi kesalahan dalam memilih pompa air, maka akan menyebabkan permasalahan dari segi kapasitas air yang dihasilkan. Atau bahkan malah terjadi kerusakan pada mesin pompa air itu sendiri dan tidak dapat mengalirkan air sama sekali. Oleh sebab itu, dalam memilih mesin pompa air harus benar-benar menentukannya dengan tepat. Dan berikut merupakan beberapa tips yang dapat diterapkan dalam pemilihan mesin pompa air. Silahkan simak uraian di bawah ini mengenai cara memilih mesin pompa air yang benar.

Cara Memilih Pompa Air Yang Benar

1. Kenali Lokasi Sumber Air

Bagi yang belum memiliki dan akan memasang mesin pompa air, sebaiknya memilih pompa air  yang sesuai dengan lokasi tempat tinggal dan jarak sumber airnya. Jangan sampai kita memilih mesin pompa air yang daya hisapnya rendah, tetapi tempat tinggal kita berada di daerah dataran tinggi yang jauh dari sumber air.

Begitu juga sebaliknya, apabila tempat tinggal kita berada di dataran rendah yang memiliki sumber air yang bagus, janganlah memilih mesin pompa air yang memiliki daya hisap tinggi. Karena, mesin pompa air daya hisap tinggi memliki daya listrik yang tinggi pula. Hal itu hanya akan menyebabkan pemborosan penggunaan listrik. Oleh karena itu, pilihlah yang tepat yang sesuai dengan lokasi tempat tinggal kita berada.

2. Perhatikan Daya Hisap Dan Daya Dorong Pompa Air

Selain dari segi lokasi, hal yang harus diperhatikan dalam memilih mesin pompa air yaitu melihat daya hisap dan daya dorong kapasitas air. Pilihlah yang sesuai dengan memperkirakan jarak permukaan tanah dengan sumber airnya.

Jika kedalaman air kurang dari 7 meter, pilihlah mesin pompa air mini atau mesin pompa air sumur dangkal. Sedangkan untuk kedalaman air lebih dari 7 meter, sebaiknya memilih jenis mesin pompa air jet pump atau submersible.

3. Kapasitas Daya Listrik

Ketika memilih mesin pompa air, kita juga harus memperhatikan kapasitas daya listrik di rumah yang akan dipasang mesin pompa air tersebut. Jangan sampai kita memilih pompa air listrik yang memiliki kapasitas daya listrik yang lebih tinggi dari daya listrik yang ada di rumah. Karena hal itu hanya akan mengakibatkan daya listrik di rumah kita akan jatuh pada saat mesin pompa air tersebut di hidupkan.

4. Kualitas Pompa Air

Kualitas dari mesin pompa air akan sangat mempengaruhi bagus dan tidaknya hasil perolehan air yang dihasilkan. Jangan sampai kita tergoda dengan harga yang murah, namun kualitasnya kurang bagus.

Sebaiknya membeli dengan harga yang sedikit lebih mahal namun memiliki kualitas yang baik. Diantara beberapa contoh merk pompa air yang memiliki kualitas bagus yaitu Sanyo, National, Panasonic, Shimizu dan DAP.

Itulah beberapa tips cara memilih pompa air yang tepat. Semoga tidak salah memilih ketika akan membeli dan memasang mesin pompa air di rumah Anda. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *