Home » Cara Servis Mesin Honda Gx 160

Cara Servis Mesin Honda Gx 160

servis+mesin+honda+gx160
Cara Servis Mesin Honda Gx 160

Cara Servis Mesin Honda Gx 160 – Setiap mesin pasti butuh perawatan agar awet dan performanya tetap terjaga. Seperti pada mesin honda GX 160 ini, dimana mesin ini sering digunakan untuk menarik beban yang cukup berat. Oleh sebab itu, perlu melakukan servis secara rutin agar tidak cepat mengalami kerusakan.

Untuk melakukan servis pada mesin penggerak bensin Honda GX 160 ini cukup mudah. Kita bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa harus dibawa ke bengkel. Namun, bagi yang belum pernah melakukannya, bisa mengikuti langkah-langkah yang yang diuraikan berikut ini.

Cara Servis Mesin Honda GX 160

Dalam servis mesin GX 160, ada beberapa bagian yang perlu diperiksa atau dibersihkan secara rutin. Diantaranya yaitu filter udara, karburator, busi, dan kondisi oli mesin.

1. Membersihkan Filter Udara

Filter udara merupakan bagian yang cukup penting. Fungsinya yaitu sebagai penyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran. Oleh sebab itu, harus dibersihkan secara rutin agar udara yang masuk terbebas dari kotoran.

Untuk melakukan pembersihan ada filter udara, cukup semprot bisa filter dengan angin kompresor. Atau jika kondisinya sangat kotor, kita bisa mencucinya terlebih dahulu dengan bensin, kemudian jemur hingga kering.

2. Servis Karburator

Karburator merupakan bagian pada mesin bensin yang bertugas menyuplai bahan bakar dan udara ke dalam blok silinder. Sehingga, kondisinya harus diperhatikan dengan benar karena sangat mempengaruhi performa mesin.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga keseimbangan fungsi karburator yaitu dengan membersihkan secara rutin dan berkala. Selain itu, penggantian packing/gasket karburator juga penting jika sudah rusak.

3. Ganti Busi Seacara Berkala

Busi juga merupakan komponen yang sangat penting pada mesin Honda GX 160. Berperan sebagai pemercik bunga api pada proses pembakaran, maka nyala api busi harus benar-benar diperhatikan guna memperoleh pembakaran yang sempurna.

Oleh sebab itu, periksalah kondisi busi sesering mungkin. Jika nyala apinya sudah tidak bagus, gantilah dengan busi baru dan berkualitas bagus. Untuk mesin honda GX 160, gunakan busi tipe BP5ES (busi drat panjang).

4. Ganti Oli Secara Rutin

Kualitas oli mesin semakin lama digunakan maka akan semakin menurun. Jika oli mesin tidak pernah diganti, maka mesin menjadi cepat panas dan menghasilkan getaran yang cukup besar.

Untuk itu, gantilah oli mesin secara rutin agar performa mesin tetap maksimal. Untuk mesin honda GX 160, takaran oli mesinnya yaitu 0,6 ml. Periksalah setiap 100 jam pemakaian, jika kondisi oli sudah hitam dan pekat, maka gantilah dengan oli mesin yang baru.

Itulah tips dan cara servis mesin honda GX 160 yang perlu dilakukan secara rutin dan berkala agar mesin awet dan performanya selalu terjaga. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top