Home » Tip & Trik » Cara Pasang Dan Menyetel Rantai Chainsaw

Cara Pasang Dan Menyetel Rantai Chainsaw

cara+pasang+rantai+chainsaw
Cara Pasang Dan Menyetel Rantai Chainsaw
Cara Pasang Dan Menyetel Rantai Chainsaw – Ketika membeli mesin chainsaw baru, biasanya mata rantai belum terpasang pada mesin. Sehingga, kita harus memasang  terlebih dahulu agar mesin chainsaw dapat digunakan.

Cara pasang dan menyetel rantai pada mesin chainsaw harus benar dan tidak kendor. Karena hal itu sangat mempengaruhi kinerja mesin chainsaw pada saat memotong kayu. Jika pemasangan rantai terbalik, maka mesin tidak bisa digunakan untuk memotong kayu. Begitu juga jika pemasangan rantai terlalu kendor, maka dapat menyebabkan rantai chainsaw putus

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini akan dibahas bagaimana cara memasang dan menyetel rantai pada mesin chainsaw yanh benar. Sehingga, tidak terjadi kesalahan yang mengakibatkan kinerja mesin chainsaw menjadi kurang maksimal.

Cara Pasang Dan Menyetel Rantai Chainsaw

Sebelum memasang dan menyetel rantai pada mesin chainsaw, sediakan peralatan seperti obeng dan kunci 13 mm atau 19 mm (menyesuaikan ukuran mur bar chainsaw). Dan untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Bukalah penutup bar dengan melepas dua buah mur penguncinya. Jika mesin chainsaw mini, gunakan kunci 13 mm. Sedangkan untuk mesin chainsaw besar, gunakan kunci 19 mm.

2. Kemudian pasanglah bar. Pastikan lubangnya tepat pada baut bar dan tidak terbalik.

3. Pasang rantai chainsaw dengan arah mata rantai yang lancip menuju ke depan. Dan pastikan rantai terpasang dengan benar pada sprocket (gigi rantai yang menempel di mesin).

4. Kemudian, pasanglah tutup bar. Pada tutup bar ini terdapat nok (tonjolan) yang harus tepat masuk di lubang bar. Oleh sebab itu, masukan nok tersebut tepat pada lubang yang ada di bar.

5. Kemudian pasang mur pengunci tutup bar tanpa dikencangkan dahulu untuk proses penyetelan rantai.

6. Setel rantai dengan cara memutar baut adjuster yang berada di bawah tutup bar. Jika rantai kendor, putarlah searah jarum jam. Tetapi jika rantai terlalu kencang, putarlah baut tersebut berlawanan jarum jam.
Penyetelan rantai yang benar yaitu rantai tidak kendor dan tepat berada pada rel bar.

7. Setelah itu kencang kedua mur pengunci tutup barnya. Kemudian cek mata rantai dengan menggerakannya maju mundur. Jika masih kendor atau terlalu seret, silahkan setel ulang mata rantai tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai cara pasang dan menyetel rantai pada mesin chainsaw. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top